Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Persiapan Melahirkan | Jan 4, 2017

Hamil Tua? Kenali Tanda-tanda Mau Melahirkan Ini

Bagikan


 

Tidak ada cara baku untuk memprediksi tanda-tanda mau melahirkan. Bahkan ketika Mama mengamati ciri-ciri akan melahirkan, kelahiran bayi Mama bisa saja berlangsung beberapa hari atau minggu kemudian.

Tubuh Mama sebenarnya mulai mempersiapkan persalinan sekurang-kurangnya satu bulan sebelum melahirkan, sehingga Mama mungkin mulai melihat ciri-ciri mendekati persalinan pada masa ini.

Berikut adalah beberapa tanda persalinan sudah dekat:

 

PRA-PERSALINAN: 1 HINGGA 4 MINGGU SEBELUM MELAHIRKAN

 

1. Bayi 'turun'

Beberapa minggu tanda persalinan sudah dekat, bayi akan mulai turun ke panggul. Bagi Mama yang baru pertama kali hamil, dalam proses kelahiran, tanda ini biasanya tidak terjadi sampai Mama benar-benar dalam persalinan. Bayi akan berada dalam posisi hendak keluar: kepala ke arah bawah dan rendah. Ya, pada tahap ini Mama mungkin merasa sering buang air kecil seperti pada trimester pertama, karena kepala bayi mendorong kandung kemih.

2. Serviks mengembang

Leher rahim juga mulai mempersiapkan kelahiran: mulai membesar (membuka) dan mengecil (menipis) pada hari-hari atau minggu sebelum melahirkan. Pada pemeriksaan mingguan, mintalah dokter atau bidan mengukur pelebaran dan penipisan melalui tes internal. Tapi semua orang mengalami ciri-ciri mendekati persalinan yang berbeda, jadi Mama jangan berkecil hati jika tanda ini muncul perlahan atau bahkan sama sekali belum terlihat.

3. Lebih sering kram dan nyeri punggung

Terutama jika ini bukan kehamilan pertama, Mama mungkin lebih sering merasa kram dan nyeri di pangkal paha dan punggung sebagai tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Otot dan sendi meregang dan pegal-pegal dalam persiapan untuk kelahiran.

4. Sendi lebih kendur

Sepanjang kehamilan, hormon relaksin telah membuat semua ligamen lemas dan kendur sebagai tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan. Sebelum Mama menjalani persalinan, sendi-sendi tubuh Mama terasa lebih kendur. Tenanglah, Mama. Itulah salah satu tanda persalinan sudah dekat yang membantu membuka pelvis Mama untuk kelahiran si kecil.

5. Diare

Sama seperti otot-otot di dalam rahim lebih lemas sebagai ciri-ciri akan melahirkan, begitu juga otot-otot lain dalam seluruh tubuh Mama. Ini dapat menyebabkan pergerakan usus menjadi kendur dan sering timbul diare. Meskipun menjengkelkan, hal ini normal; tetaplah banyak minum dan ingatlah, itu pertanda baik bahwa tanda persalinan sudah dekat!

6. Berat badan turun

Berat badan cenderung menurun di akhir kehamilan. Hal ini normal dan tidak akan memengaruhi berat lahir bayi Mama. Hal ini disebabkan karena kadar cairan ketuban yang lebih rendah, lebih banyak keluhan karena tanda-tanda mau melahirkan, dan bahkan juga peningkatan aktivitas.

7. Sangat lelah

Dengan perut buncit, kandung kemih yang terus aktif dan kelelahan, kadang-kadang Mama bisa merasa seperti mengalami kemunduran, sehingga menjadikan sulit (bahkan tidak mungkin) tidur nyenyak tiap malam sebagai tanda-tanda mau melahirkan. Usahakan tidur siang setiap hari selagi bisa. Namun, beberapa ibu justru terlihat energik saat mendekati persalinan, dan tidak bisa menahan dorongan kuat untuk bersih-bersih dan menata rumah. Tidak apa-apa, lakukan saja selama Mama tidak terlalu menguras energi!

 

PERSALINAN AWAL: BEBERAPA JAM SEBELUM PERSALINAN

 

1. Keputihan berubah warna dan konsistensi

Pada hari-hari terakhir sebelum persalinan, Mama akan melihat peningkatan dan/atau kepekatan keputihan. Itulah tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Keputihan dapat keluar dalam bentuk gumpalan, tapi dengan sedikit bercak darah atau dalam bentuk lendir. Lendir warna merah muda ini merupakan indikasi bagus bahwa tanda persalinan sudah dekat. Meskipun tanpa kontraksi persalinan atau pelebaran tiga sampai empat sentimeter, persalinan bisa saja berlangsung beberapa hari lagi.

2. Lebih energik, kontraksi lebih sering

Kontraksi merupakan awal tanda persalinan sudah dekat, namun ada yang tidak. Mama bisa saja mengalami kontraksi selama berminggu-minggu bahkan beberapa bulan sebelum persalinan. Lalu, bagaimana Mama dapat membedakan kontraksi sebenarnya dan yang tidak? Perhatikan kontraksi sebagai ciri-ciri mendekati persalinan yang sesungguhnya berikut ini:

  • Jika Mama aktif, kontraksi lebih kuat dan tidak mengendur
  • Jika Mama berubah posisi, kontraksi tidak hilang
  • Nyeri kontraksi dimulai di punggung bawah dan bergerak ke perut bagian bawah, dan mungkin kaki
  • Kontraksi akan lebih sering dan lebih menyakitkan

3. Air ketuban pecah

Ini adalah salah satu ciri-ciri akan melahirkan bagi kebanyakan wanita dan terjadi dalam waktu kurang dari 15% kelahiran. Jadi, jangan hanya mengandalkan salah satu ciri ini sebagai tanda persalinan sudah dekat!

 

Mama belum melahirkan, tapi sedang hamil tua dan ingin segala sesuatu berjalan lancar sebelum melahirkan? Mama merasa tidak yakin kapan waktunya mengumumkan kelahiran bayi Mama, namun tidak sabar ingin melihat kehadirannya? Cobalah untuk tidak stres memikirkannya. Ada berbagai hal yang bisa Mama lakukan untuk mengurangi kecemasan dan mempersiapkan diri secara lahir batin di minggu-minggu menjelang persalinan.

Ada beberapa metode alami yang dapat membantu mempercepat persalinan yang dapat Mama coba di rumah sendiri. Yang jelas, tidak banyak penelitian yang mendukung salah satu metode ini, dan Mama tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu sebelum mencoba sesuatu yang bertujuan untuk mempercepat kelahiran si bayi.

Nah, bagaimana dengan tanda-tanda mau melahirkan yang Mama alami? Yuk, bagikan kepada kami.

 

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.