Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kehamilan | Jun 26, 2017

Hati-hati, Lebaran Banyak Makanan, Ini Pantangan Bagi Ibu Hamil

Bagikan


Jamuan makan lebaran tampak sangat menggiurkan, namun bagaimana agar ibu hamil sehat saat merayakan lebaran? Apakah ada pantangan ibu hamil selama lebaran?

Lebaran biasanya identik dengan makanan bersantan dan mengandung lemak dan gula tinggi. Saat merayakan hari raya suci ini, ibu hamil memang harus berhati-hati agar tetap menikmati makanan sehat lebaran.

Mama tidak selalu tahu apa saja bahan yang digunakan atau bagaimana cara memasak atau menyimpan makanan itu. Hal-hal seperti itu penting, karena bakteri atau racun dari makanan tersebut bisa membahayakan Mama dan bayi.

Namun, jangan khawatir, waspada bukan berarti Mama tidak bisa bergabung dalam kegembiraan merayakan lebaran bersama keluarga!  Meskipun benar ada pantangan ibu hamil yang harus diperhatikan, Mama tetap dapat menikmati makanan sehat lebaran tanpa merasa waswas.

Mau tahu caranya? Lebih baik hindari makanan-makanan berikut ini!

1. Camilan manis

Saat lebaran, Mama pasti menjumpai kue-kue dan camilan manis. Meskipun bukan makanan sehat lebaran, tetapi Mama tetap boleh kok menyantap aneka penganan manis yang ada.

Namun tetap ingat untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi tersebut karena risiko gestational diabetes atau preeklampsia selama kehamilan.

2. Minuman manis atau bersoda

Sama halnya dengan camilan manis, sebaiknya hindari atau paling tidak batasi minuman mengandung gula tinggi.

Caranya, perbanyak minum air putih atau minuman sehat lainnya yang disarankan untuk ibu hamil dibanding sirup, kafein, minuman bersoda atau minuman dingin lainnya agar Mama tidak mengalami dehidrasi.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

3. Makanan mentah

Hindari daging dan ikan mentah atau setengah matang karena sangat berisiko mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri listeria, salmonella dan toksoplasma.

Bagi Mama penyuka sate, steak atau sushi, sebaiknya menghindari jenis makanan ini, untuk menghindari risiko bahaya diare. Pilihlah menu daging atau ikan yang benar-benar dimasak sampai matang. Jika Mama penyuka dressing seperti mayonaise, sebaiknya hindari dulu karena kandungan telur mentah di dalamnya.


4. Makanan berlemak

Sebaiknya hindari atau paling tidak batasi konsumsi makanan mengandung santan dan lemak yang tinggi karena dapat mengakibatkan iritasi lambung seperti mual dan muntah pada ibu hamil.

Namun demi menghormati tuan rumah, Mama bisa membatasi konsumsi makanan bersantan dan berlemak tinggi dalam porsi kecil.

Jadi, kunci utamanya adalah makan dalam porsi cukup dan tidak terlalu berlebihan. Menurut dr. Fiastuti, Sp.GK., mengonsumsi makanan berlebihan saat bersilahturahim dalam lebaran bisa membuat ibu hamil merasa kenyang berlebihan sehingga sulit untuk bergerak.

Bagaimana kiat Mama menjaga makanan selama lebaran? Bagikan, yuk!

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.