Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Mar 31, 2017

Ibu Hamil Makan Durian, Bolehkah?

Bagikan


    

Siapa tidak suka buah durian? Beberapa wanita bahkan mengidam makan durian saat hamil. Namun, apakah berbahaya ibu hamil makan durian?

Hamil tentunya tidak menjadi alasan bagi Mama untuk pantang makan durian, bukan? Bahkan ada mitos mengatakan bahwa durian, Rajanya Buah adalah makanan super yang sangat kaya nutrisi.

Jika ini pertanyaan Mama, simaklah penjelasan di bawah ini tentang durian dan risiko dan manfaat buah durian selama hamil.

   

Amankah Makan Durian Saat Hamil?

Belum ada penelitian yang membuktikan efek negatif dari makan durian saat hamil. Demikian pula, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil makan durian itu tidak masalah.

Sebelum mengidam ingin makan durian, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang dapat menyarankan yang terbaik, tergantung pada kondisi kesehatan Mama.

Meskipun ibu hamil makan durian tidak dilarang, namun tetap penting membatasi asupan durian saat sedang hamil, sekalipun dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Durian sangat kaya akan gula dan karbohidrat. Makanan ini juga memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat menyebabkan naiknya gula darah. Artinya, jika Mama telah didiagnosis dengan gestasional diabetes, sebaiknya hindari makan durian saat hamil, karena sangat berisiko semakin naiknya kadar gula.

    

Manfaat Buah Durian Selama Hamil

Berikut adalah manfaat buah durian selama hamil:

  1. Meningkatkan energi, vitamin dan mineral. Durian mengandung kadar gula yang tinggi, seperti fruktosa dan sukrosa yang akan menambah energi.
  2. Tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh.
  3. Daging buah durian yang lunak sangat mudah dicerna. Durian merupakan sumber serat makanan yang baik, sehingga dapat berfungsi sebagai pencahar alami dan mencegah sembelit, masalah umum saat hamil.
  4. Kandungan serat yang ada dalam durian akan membantu melindungi selaput lendir yang mencegah paparan terhadap racun. Durian juga akan membantu mengikat dan kemudian menyingkirkan setiap bahan kimia dari usus yang dapat berpeluang menyebabkan kanker.
  5. Durian sarat dengan vitamin yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan sangat penting untuk kesehatan fungsi tubuh Mama.
  6. Buah ini juga merupakan sumber nutrisi yang baik. Tembaga dan besi membantu menambah sel-sel darah merah dalam tubuh, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang belum lahir.
  7. Beberapa negara meyakini bahwa buah durian dapat menambah kesuburan dan meningkatkan peluang hamil.
  8. Ibu menyusui juga dapat menerima manfaat buah durian yang dapat menambah ASI, meskipun belum ada penelitian yang membuktikannya.
  9. Manfaat buah durian dalam budaya Jawa juga diyakini dapat menambah stamina dan meningkatkan libido.

 

Meskipun banyak manfaat buah durian saat hamil, efek durian pada kehamilan belum diketahui. Karena itu, pastikan untuk tetap membatasi konsumsi durian dan selalu berkonsultasi dengan dokter.

Untuk ibu hamil makan durian, disarankan setelah makan durian agar segera minum air putih, air kelapa, air garam, atau minuman herbal lainnya yang bersifat mendinginkan yang membantu menangkal “sifat panas” dari durian.

Mengidam durian tapi tidak ingin makan durian saat hamil? Cobalah hidangan, minuman, atau kudapan bercita rasa durian sebagai selingan.

  

Pernahkah Mama mencicipi buah durian atau bertanya kepada dokter tentang manfaat buah durian selama kehamilan? Apakah saran dokter?

  

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.