Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Aug 14, 2017

Ibu Hamil Makan Sayuran Mentah, Bolehkah?

Bagikan


Mama suka makan sayur mentah? Memilih makan sayuran mentah selama hamil bisa menjadi pilihan yang aman dan bergizi bagi Mama dan bayi. Mengapa harus sayuran mentah?

Dr. Tan Shot Yen menyebutkan bahwa proses pemanasan pada sayuran mentah dapat merusak enzim sayur yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin hingga 30-80 persen.

Namun, sebelum Mama memilih mengonsumsi sayur mentah selama hamil, penting untuk mengetahui masalah keamanan makanan dan risiko yang dapat timbul, dan memahami cara menjaga kesehatan dan keselamatan bayi.

 

Keajaiban Manfaat Sayuran Mentah Untuk Ibu Hamil

Kaya serat: ini sangat membantu mengatasi masalah pencernaan yang sering dialami ibu hamil seperti konstipasi (sembelit) dan juga melancarkan sistem pencernaan

Asam Lemak Omega 3: beberapa jenis sayuran untuk ibu hamil juga memiliki sumber asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan sistem saraf secara tepat, seperti labu, kembang kol dan kubis Brussel.

Folat: Ada banyak sayuran untuk ibu hamil yang sarat dengan jumlah folat yang memadai dan mutlak diperlukan selama kehamilan untuk mencegah adanya cacat pada tulang belakang dan otak janin, misalnya seperti kubis, kacang polong, brokoli dan asparagus.

Kalsium: yang sangat penting untuk kesehatan tulang yang tepat dan mineralisasi tulang pada janin dan juga sang ibu, misalnya sayuran berdaun seperti bayam, kangkung dan kailan.

Vitamin C: Sayuran juga sarat dengan vitamin C yang sangat penting untuk pembentukan gigi dan tulang selain kolagen yang sangat penting untuk jaringan ikat janin.

Kalium: mineral lain yang banyak membantu mengatur kadar tekanan darah selama kehamilan

Beta carotene: Satu mineral penting yang dimiliki sayuran pada banyak hal yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan dan sel yang tepat, membangun kekebalan dan penglihatan.

Membantu mengontrol berat badan: Makan sayuran mentah sangat ideal untuk mengendalikan kenaikan berat badan selama kehamilan dan memberi dorongan energi yang sangat penting selama periode ini.

 

Baca Juga : Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Apakah Risiko Makan Sayuran Mentah?

Salah satu risiko terbesar bagi ibu hamil makan sayuran mentah adalah toksoplasmosis atau toksoplasma, yaitu sejenis parasit yang tersembunyi pada daging mentah dan kurang matang, kotoran kucing, dan permukaan buah-buahan dan sayuran mentah.

Jika wanita hamil terinfeksi toksoplasma bisa menularkan infeksi tersebut kepada janinnya, yang menyebabkan infeksi pada sistem saraf dan mata.

 

Panduan sehat makan sayuran mentah

Namun, jangan khawatir. Sayuran mentah bisa menjadi menu sehat untuk kehamilan Mama dengan mengikuti beberapa panduan sehat. Mama dapat membantu mencegah penyakit bawaan lewat makanan mentah ini dengan beberapa panduan berikut ini:

Pastikan Mama benar-benar mencuci sayuran mentah sampai bersih dengan air mengalir sebelum mengonsumsinya, bahkan terutama sayuran yang perlu dikupas kulit luarnya.

Periksa dengan teliti dan potong bagian sayuran mentah yang memar atau rusak karena kebanyakan bakteri tersembunyi di bagian ini.

Merendam sayuran mentah dalam air garam beberapa waktu lamanya bisa membunuh kuman atau bakteri apa saja yang ada di dalamnya. Selain air garam, da beberapa cara merendam sayuran mentah lainnya yang dapat Mama coba, misalnya dengan sabun khusus food grade, cuka apel, atau baking soda (soda kue).

Jangan lupa juga mencuci talenan dengan air hangat bersabun setelah kontak memotoh sayuran mentah. Ini membantu memastikan tidak ada bakteri yang tertinggal di talenan.

Bagaimana pengalaman dan saran Mama untuk mengonsumsi sayuran mentah selama kehamilan?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.