Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Balita | Aug 18, 2017

Ingin Anak Tumbuh Pesat? Berikan Makanan Bergizi

Bagikan


Pada awal kehidupannya, anak tumbuh sangat pesat. Pola makan yang dipelajari anak pada tahun-tahun pertama kehidupannya secara langsung mempengaruhi tumbuh kembang, tingkat energi, ketahanan terhadap penyakit (pada masa kanak-kanak dan masa sesudahnya), serta kemampuan untuk berkonsentrasi dan berprestasi di sekolah.

Fakta terkini menunjukkan bahwa batita atau masa kanak-kanak dini merupakan tahapan perkembangan penting untuk menerapkan pola makan dan olah raga yang baik. Pola ini dapat mendukung kesehatan dan perkembangan kognitif, juga mengurangi risiko anak terhadap kegemukan (obesitas) dan penyakit-penyakit akibat gizi yang kurang tepat.

Masa Pertumbuhan

 

Anak Tumbuh Sangat Pesat

Pernahkah Mama menyadari betapa cepatnya baju dan sepatu si kecil tidak muat lagi di badan dan kakinya? Masa batita merupakan masa pertumbuhan yang paling pesat. Tinggi dan berat badan anak bertambah, organ-organ tubuh dan otaknya berkembang dan semakin matang. Pada lima tahun pertama kehidupannya, tinggi anak bertambah sebanyak dua kali lipat.

Saat ia mencapai usia lima tahun, berat badannya bertambah lima kali lipat berat badan lahir. Berat otak juga bertambah secara pesat selama lima tahun pertama kehidupan. Tahun ini merupakan tahun penting untuk pembelajaran sosial dan akademik serta perkembangan otak.

Bagaimana Menghadapi Pertumbuhan Pesat Anak?

Gizi turut membangun fondasi sehat. Pertumbuhan normal selama masa kanak-kanak dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk gizi, gen, dan hormon. Penting diingat bahwa setiap anak adalah unik dan tumbuh dengan kecepatan tersendiri. Gizi yang yang baik mendukung pertumbuhan serta meningkatkan kesehatan dan perkembangan fisik dan mental yang optimal.

Gizi yang baik tidak hanya mencegah masalah-masalah atau penyakit defisiensi jangka pendek seperti anemia dan gangguan pertumbuhan, tetapi juga mencegah masalah kesehatan jangka panjang.  

Diet Seimbang

Lebih dari 40 jenis zat gizi membantu berbagai fungsi tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak. Zat gizi ini dibagi menjadi tiga kelompok:

  1. Sumber energi: karbohidrat, lemak, dan protein
  2. Zat pembangun: produk olahan susu, daging, telur, kacang-kacangan, ikan
  3. Sumber vitamin/zat pengatur: buah dan sayuran

Diet yang baik dan seimbang mengandung kombinasi ketiga jenis zat gizi tersebut. Jika anak secara teratur mengonsumsi makanan yang bervariasi, maka kemungkinan tubuhnya akan mendapatkan semua zat gizi yang diperlukan.

Sebaliknya, jika ia memilih-milih makanan dan menolak makanan tertentu, anak bisa mengalami kekurangan zat gizi yang penting.

Bagaimana Memastikan bahwa Diet Anak Sudah Tepat?

Piramida makanan merupakan salah satu petunjuk yang baik untuk membantu menilai berapa banyak makanan tertentu yang harus dikonsumsi agar diet anak seimbang.

Piramida Makanan

Piramida makanan adalah sebuah susunan yang menggambarkan jenis dan jumlah makanan yang diperlukan oleh tubuh. Piramida makanan dapat membantu orang tua dalam menentukan jenis makanan apa yang akan diberikan kepada anaknya dan berapa jumlahnya. Jenis makanan tertentu boleh diberikan dalam jumlah yang cukup banyak, tapi jenis makanan lainnya hanya boleh diberikan sedikit saja.

Ingin tahu lebih banyak tentang gizi yang baik untuk anak, serta tips pemberian makan sesuai tahapan pertumbuhannya? Nantikan di artikel selanjutnya, ya, Ma!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.