Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Aug 25, 2017

Ini 4 Manfaat Beras Merah sebagai MPASI

Bagikan


 

Apakah saat ini Mama sedang giat-giatnya menyiapkan MPASI untuk si kecil? Ternyata selain beras putih, Mama juga bisa menggunakan beras merah sebagai MPASI, lho. Mengenai manfaat beras merah bagi orang dewasa, sepertinya kita tak perlu meragukan lagi. Namun, bagaimana dengan pemberian beras merah sebagai MPASI?

Seperti yang kita ketahui, MPASI ini merupakan sumber nutrisi untuk melengkapi kecukupan gizi si kecil. Pada tahap awal perkenalan, sebaiknya Mama tidak langsung memberikan makanan dengan tekstur padat. Mulailah dengan memberikan kudapan berteksur lembut seperti jus buah dan sayuran atau bisa juga bubur yang disaring. Selain itu, MPASI juga sebaiknya tidak memiliki cita rasa terlalu kuat seperti asin, gurih, manis, dan masam karena indra perasanya masih belum siap.

Baca juga: Makanan Apa yang Baik Untuk MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

Untuk beras merah, Mama bisa mengolahnya menjadi bubur lezat dengan campuran susu agar rasanya lebih gurih. Perlu Mama ketahui, beras merah ini kaya akan manfaat yang baik untuk perkembangan bayi seperti berikut ini:

  1. Mengoptimalkan Proses Metabolisme

Dibandingkan jenis beras yang lain, beras merah memiliki kandungan serat paling tinggi. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, buah hati akan merasa kenyang lebih lama, proses metabolisme dalam tubuhnya berjalan lebih optimal, dan terhindar dari risiko terkena kanker usus.

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Beras merah kaya akan magnesium, salah satu zat yang sangat dibutuhkan si kecil untuk pertumbuhan otak dan organ vital penting lainnya. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit, Mama harus menyiapkan kebutuhan nutrisi ini dari luar sebab kandungan magnesium dalam ASI saja tak cukup mengingat usia buah hati yang terus bertambah. Magnesium berperan penting dalam pertumbuhan tulang, mengoptimalkan produksi hormon insulin, serta mengurangi risiko terkena diabetes di kemudian hari.

  1. Membuat Tidur Lebih Lelap

Hampir sebagian besar waktu bayi dihabiskan untuk tidur. Buah hati membutuhkan waktu beristirahat agar proses pertumbuhan dan perkembangan organ yang ada di dalam tubuh bisa berjalan dengan lebih optimal. Agar si kecil tidur lebih lelap, Mama bisa memberikan bubur beras merah sebagai MPASI. Beras merah mengandung karbohidrat yang bisa menghasilkan serotonin. Nah, serotonin sendiri merupakan enzim yang berperan mengatur waktu tidur dan relaksasi otak. Coba berikan bubur beras merah beberapa jam sebelum waktu tidur buah hati tersayang.

  1. Melancarkan BAB

Pada usia 6 bulan, normalnya bayi BAB sebanyak dua kali. Namun tak menutup kemungkinan jika si kecil mengalami sembelit karena organ pencernaannya masih dalam proses adaptasi mengolah makanan dari luar yang memiliki tekstur lebih padat daripada ASI. Jika terus dibiarkan, sembelit akan membuat si kecil rewel karena merasakan ketidaknyamanan pada perutnya. Untuk mencegah atau mengatasi hal ini, Mama bisa memberikan bubur beras merah pada buah hati tersayang. Tingginya kandungan serat dalam beras merah bukan hanya berfungsi mempertahankan rasa kenyang, namun juga bermanfaat melancarkan buang air besar.

Baca juga: Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

Bagaimana, Ma? Apakah Mama tertarik menggunakan beras merah sebagai MPASI si kecil? Bila Mama ragu untuk memulainya, bisa konsultasikan dulu kepada dokter anak kesayangan Mama, ya.

<ARK>

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.