Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Apr 6, 2017

Ini Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Bagikan


 

 

Ruam popok merupakan peradangan yang terjadi pada area tertutup popok, seperti pada daerah alat kelamin, pantat, dan pangkal paha bagian dalam. Biasanya, daerah yang terkena ruam popok berwarna kemerahan disertai lecet ringan dan juga gatal.

Jika buah hati menderita ruam, ia akan merasa tidak nyaman, sering rewel, dan menangis, terutama saat Mama mengganti popoknya. Tentunya, Mama tak akan membiarkan kondisi ini terus berlanjut dan si kecil jadi lesu lantaran terganggu dengan rasa gatal dan perih akibat ruam popok, bukan?

Mama tak perlu khawatir dengan hal ini! Dengan mengetahui tanda atau gejala awal penyakit ruam popok pada bayi, Mama bisa mencegah serta mengobatinya dengan segera. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan saat gejala awal ruam popok mulai terlihat:

  

Menjaga Kebersihan Popok

Ruam popok terjadi akibat bakteri yang terdapat dalam air seni atau tinja yang masih menempel pada kulit bayi yang masih sensitif. Bakteri-bakteri ini akan memperburuk ruam popok dan malah akan menghambat proses penyembuhannya.

Untuk mengatasinya, Anda harus menjaga agar area yang terkena ruam popok tetap bersih dan kering. Cara ini dinilai efektif memperlambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri.

Jika menggunakan popok kain, sebaiknya segera menggantinya setelah si kecil buang air kecil maupun besar. Jika menggunakan popok sekali pakai, sebaiknya Anda mengganti popok beberapa jam sekali serta tepat setelah si kecil buang air besar agar kulitnya tetap kering dan bisa bernapas.

Biasakan membersihkan bagian tubuh bayi dengan air bersih tiap kali mengganti popok. Jangan lupa pula mengeringkannya dengan menepuk-nepuk permukaan kulit dengan handuk lembut, lalu angin-anginkan sebentar.

   

Hindari Penggunaan Bedak

Hal berikutnya yang bisa mengatasi masalah ruam adalah dengan tidak menggunakan bedak pada daerah yang tertutup popok. Penggunaan bedak yang tidak cocok malah akan membuat ruam bertambah parah dan keadaan kulit semakin lembap.

Jika hal ini terjadi, kulit si kecil akan semakin iritasi, ditandai dengan munculnya lecet dan kulit memerah. Apabila terus dibiarkan, ruam popok akan meluas dan menyerang bagian kulit yang sehat.

   

Pilih Popok yang Berdaya Serap Tinggi

Sebenarnya, penggunaan popok sekali pakai bisa memperburuk ruam pada kulit bayi. Pasalnya, kulit bayi yang sensitif kadang tak cocok dan tak tahan dengan popok sekali pakai.

Lalu, bagaimana jika Anda sedang bepergian? Tentunya tak praktis, bukan, jika memakai popok kain?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memiliki popok yang memiliki daya serap tinggi. Dengan menggunakan popok berdaya serap tinggi, kulit bayi akan kering lebih lama. Bayi tetap merasa kering hingga sampai ke tempat tujuan, lalu Anda bisa menggantinya.

Meskipun harga popok dengan daya serap tinggi relatif lebih mahal dibanding popok biasa, Anda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, bukan?

 

Oleskan Gel Lidah Buaya Pada Area Ruam Popok

Agar ruam popok sembuh lebih cepat, Anda juga bisa menggunakan obat dari luar seperti gel dari bahan lidah buaya. Tumbuhan satu ini terbukti bisa meredam rasa gatal dan perih akibat ruam popok. Selain itu, kandungannya juga bisa menenangkan kulit dan membuat ruam popok berkurang.

Oleskan gel lidah buaya ini di area sekitar ruam popok bayi. Diamkan selama beberapa menit hingga gel meresap ke jaringan kulit, barulah pakaikan popok pada si kecil.

    

   

Melihat buah hati tercinta tak nyaman akibat ruam yang tak kunjung sembuh tentunya membuat hati merasa sedih. Untuk mengatasi hal itu, ikutilah tips di atas agar ruam popok si kecil segera membaik dan ia bisa kembali beraktivitas dengan riang gembira!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.