Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Jul 28, 2017

Ini Dia 4 Cara Rahasia Membesarkan Balita Pintar!

Bagikan


Orang tua mana yang tidak ingin anaknya tumbuh menjadi pintar? Rasanya seperti ada kebanggaan sendiri saat anak menunjukkan kecerdasannya, baik didalam maupun diluar sekolah. Untuk membesarkan anak pintar ternyata harus dimulai sejak dari balita, lho.

Sudah mulai penasaran mau tahu rahasia membesarkan balita pintar? Perhatikan beberapa cara dibawah ini ya, Ma.

1. Rajin mengobrol

Ya, hal pertama yang harus Mama lakukan adalah rajin mengobrol dengan si kecil. Banyak orang tua yang lupa bahwa balita masih belum bisa diajak belajar subjek dengan fokus spesifik, dan malah memaksakan anak balitanya mempelajari pelajaran sekolah terlalu dini.

Padahal menurut riset, semakin sering si kecil berbicara, maka akan semakin cepat pula dia belajar. Balita yang belajar berbicara 50 hingga 100 kata per hari, ternyata otaknya akan semakin mudah memproses informasi baru. Untuk itulah, Mama bisa stimulasi komunikasi dengan balita melalui cara mengobrol, baca buku bersama, atau bertanya tentang kegiatannya.

2. Ajari tentang emosi

Selain rutin belajar bicara, si kecil juga sebaiknya diajarkan mengenali perasaan dan emosi dalam dirinya, serta cara mengekspresikannya secara sehat. Jangan anggap remeh proses belajar ini ya Ma, karena kecerdasan emosional yang baik akan sangat mempengaruhi skill kognitif dan skill sosial si balita pintar.

Selain jadi tidak mudah tantrum, balita yang mampu mengenali perasaan dan emosi dirinya serta orang lain, akan lebih mudah bergaul dengan teman sebaya dan bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga : Ternyata Tertawa Bisa Membuat Balita Tambah Pintar

3. Memahami bagaimana si kecil belajar

Tidak ada anak yang sama di dunia ini, begitu juga dalam hal belajar, dimana setiap balita memiliki kecepatan dan cara sendiri yang tidak bisa disamaratakan dengan balita lain. Ada anak yang belajar lebih baik melalui proses visual, namun ada juga yang proses pembelajarannya lebih efektif melalui gerakan (kinestetik) atau suara (auditori).

Mama perlu menyesuaikan proses belajar si kecil dengan menggunakan cara yang paling bisa diterima dan ia sukai, agar semua pengetahuan yang diberikan bisa diserap sempurna.

Untuk itu, Mama sebaiknya mencari tahu dulu cara belajar paling efektif bagi si kecil. Jika kesulitan mendeteksinya, Mama bisa berkonsultasi dengan psikolog untuk melakukan tes sederhana.

4. Membuat ruang kreatif

Apa Mama sudah pernah mendengar tentang “Ruang Kreatif” atau creative space? Jika belum, mungkin Mama ingin mencoba konsep ini. Ruang kreatif adalah tempat dimana si kecil dapat bebas berimajinasi dan berkreasi agar proses pembelajaran lebih mudah tersampaikan. Intinya, di ruang kreatif inilah segala aktifitas pembelajaran si kecil dilakukan.

Ada baiknya bila ruang kreatif dihiasi dengan warna warni ceria yang akan mengeluarkan kreatifitas anak, serta disediakan beberapa tempat untuk si kecil belajar yang sesuai dengan minatnya. Misalnya, membuat pojok menggambar di satu sisi, dan pojok bermain musik di sisi lainnya.

Dengan membuat ruang kreatif ini, si kecil jadi lebih berani untuk berimajinasi, berkreasi, dan belajar sesuai dengan minatnya. Mama juga jadi bisa lebih mudah melihat kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh si kecil, lho.

 

Balita pintar bukan hanya anak yang pandai dalam pelajaran sekolah, tapi juga baik dalam bersosialisasi dan tidak takut untuk berkreasi. Menurut Mama, apalagi yang perlu dilakukan untuk membesarkan balita pintar?

(WA)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.