Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Aug 30, 2017

Ini Dia 5 Cara Ampuh Agar Balita Senang Membaca!

Bagikan


Memiliki pengetahuan lebih dari sekedar pelajaran yang diajarkan di sekolah formal, akan menjadi keuntungan tersendiri saat balita tumbuh dewasa nanti.

Hobi membaca yang didukung dengan keingintahuan yang besar akan sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan serta mempertajam pola pikir balita. Namun apa Mama tahu cara untuk menumbuhkan hobi membaca balita?

Seorang professor dari Lesley University mengatakan bahwa hobi membaca sudah bisa ditumbuhkan sejak balita. Sekedar membacakan cerita, dongeng, atau fabel sambil bermain atau sebelum tidur, ternyata akan memberikan pengaruh besar terhadap hobi membaca anak hingga dewasa nanti lho, Ma. 

Sudah mulai penasaran mau tahu cara membuat balita senang membaca? Yuk kita lihat bersama.

1. Selain buku, gunakan audiobook

Saat si kecil merasa bosan atau malah enggan membaca buku, Audiobook adaah alternatif menarik yang bisa Mama coba. Untuk yang belum tahu, Audiobook adalah bentuk audio atau suara yang berisi narasi, dan esensinya sama seperti saat Mama membacakan b uku pada si kecil.

Membaca dengan bantuan audiobook juga ternyata memiliki kelebihan tersendiri. Fokus balita bisa ikut terlatih dengan mendengarkan suara audiobook sambil mencerna informasi dengan cepat.

2. Baca bukunya dan tonton filmnya

Cara ini ampuh dilakukan untuk anak yang lebih suka visual daripada huruf teks. Mama bisa membacakan sebagian dari isi buku, lalu kemudian bersama-sama menonton filmnya. Rasa penasaran ingin tahu adegan selanjutnya akan merangsang keingintahuan balita untuk kembali membaca buku.

Ada beberapa judul yang bisa Mama coba, seperti The Little Prince, The Prophet, Doctor Seus, Calvin Hobbes dan masih banyak lagi. Pastikan buku dan film memang cocok untuk balita ya, Ma.

3. Banyak menyimpan buku

Menurut pakar dari Syracuse University, anak yang sehari-harinya dikelilingi buku akan memiliki kebiasaan membaca yang lebih besar dibandingkan dengan yang tidak. Agar minat si kecil untuk membaca buku tumbuh semakin besar, Mama bisa menambah koleksi buku yang sesuai dengan minat dan kesukaannya.

Akan lebih baik lagi bila Mama punya ruang khusus untuk bermain balita yang dilengkapi dengan rak buku kecil, sehingga balita kesayangan betah berlama-lama dan dikelilingi oleh buku.

Baca Juga : 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita Untuk Anak

4. Baca dengan penuh ekspresi

Saat balita membaca, kerahkan kreativitas dan ekspresi terbaik Mama, agar isi buku bisa tersampaikan semenarik mungkin. Bila perlu, Mama bisa menggunakan properti tambahan agar si kecil bisa semakin tenggelam kedalam cerita. Dengan begini si kecil jadi akan pernah merasa bosan untuk membaca.

5. Ajak bermain di perpustakaan

Serius ingin membuat anak senang membaca? Sudah waktunya Mama membiasakan balita berkunjung ke perpustakaan. Tak seperti jaman Mama dulu, saat ini perpustakaan sudah canggih dan memiliki area khusus anak yang penuh dengan buku cerita berwarna.

Sesampainya disana, biarkan si kecil memilih sendiri buku yang ingin dibacanya, lalu sesekali tanyakan apa yang sedang dia baca. Bila kunjungan ke perpustakaan dijadikan rutinitas yang menyenangkan, sudah bisa dipastikan kalau hobi membaca balita pasti akan tumbuh dengan sendirinya.

 

Psst, sering membaca di depan si kecil juga bisa jadi cara ampuh untuk membuat balita senang membaca lho, Ma. Meski awalnya hanya meniru, lambat laun hobi membaca balita pasti akan tumbuh dengan kuat. Cara mana nih yang sudah pernah Mama coba?

(WA)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.