Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | Nov 6, 2017

Jenis Mainan yang Tepat Untuk Bayi Usia 4 Bulan

Bagikan


Jenis Mainan yang Tepat Untuk Bayi Usia 4 Bulan

Seperti yang Mom lihat, bayi baru lahir menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur, makan, dan memandangi wajah kita. Namun, setiap harinya selalu ada kejutan demi kejutan terkait tumbuh kembang yang mulai ditunjukkan Si Kecil.

Misalnya, ketika ia menunjukkan ketertarikannya pada apa yang ada di sekitarnya. Nah, di momen seperti itu, mainan bukan hanya berfungsi untuk menghibur Si Kecil, melainkan juga untuk membantu perkembangannya. Terutama ketika ia telah melewati fase 3 bulan pertama setelah kelahiran. 

Sebab ketika memasuki usia 4 bulan, ia sudah menemukan hal baru yang baginya sangat menyenangkan yaitu gerakan tangannya sendiri yang lebih aktif dan bukan hanya sebatas mengepal. Ia mulai bisa melakukan isapan jari-jarinya.

Baca Juga: Cara Bermain dengan Bayi 0-12 Bulan yang Optimalkan Perkembangannya

Selain itu, jarinya juga mulai digunakan untuk menangkap mainan yang Mom tempatkan di tangannya maupun mulai meraih mainan yang ada di sekitarnya. 

Si Kecil juga akan mulai belajar untuk membolak balikan mainan yang sedang ia genggam maupun melakukan gerakan memasukkan benda ke dalam mulutnya. 

Untuk itu, mainan bayi akan berfungsi untuk memberinya perspektif dan stimulasi mengenai kehidupan melalui warna, bunyi maupun tekstur.

Nah, apakah saat ini ia sudah berusia 4 bulan dan Mom mulai kebingungan dalam menentukan mainan bayi yang tepat untuk dimainkannya? Berikut merupakan panduan singkat dalam memilih mainan bayi yang tepat diberikan kepada bayi usia 4 bulan:

Mainan ikat

Mainan bayi jenis ini bisa Mama ikatkan pada tangan maupun kaki Si Kecil dengan begitu gerakannya akan menjadi lebih aktif untuk berusaha menggerakkan mainan tersebut. Bagi Mom yang ingin memperkenalkan mainan jenis ini, jangan lupa untuk memperhatikan ikatannya, ya.

Usahakan tidak menggunakan tali yang terlalu panjang sehingga membuatnya kesulitan bergerak. Selain itu, ikatan yang dipasang juga jangan terlalu ketat karena bisa mengganggu peredaran darah Si Kecil.

Baca Juga: Mau Si Kecil Tumbuh Pintar? Ini Permainan untuk Mengasah Otak Kiri dan Kanannya

Mainan sumber suara

Mainan yang menimbulkan suara juga bisa menjadi pillihan tepat untuk bayi usia 4 bulan. Misalnya, alat musik yang ringan dimainkan oleh bayi. Dengan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi, Si Kecil akan merasa tertarik.

Cobalah untuk meletakkannya sedikit lebih jauh dari jangkauannya agar ia berusaha berguling dan meraihnya. Pasti ia sangat senang setelah berhasil meraihnya dan membuat mainan tersebut mengeluarkan bunyi.

Baca Juga: Hati-hati! Sering Membentak Anak Akan Membuat Sel Otaknya Terputus

Mainan merangkak

Saat usianya 4 bulan, keinginan untuk meraih benda yang ada di sekitarnya memang sudah mulai tumbuh. Oleh karena itu, ia akan lebih sering terlihat mencoba berpindah tempat dengan cara menggeserkan tubuhnya.

Perlahan-lahan Si Kecil juga akan mulai belajar untuk mengangkat tubuhnya dan merangkak. Ada beberapa mainan yang bisa Mom berikan untuk menstimulasi gerakan merangkak S Kecil. Caranya yakni menggunakan mainan lembut yang memiliki tali. Seperti boneka kucing kecil berwarna cerah atau mobil-mobilan flanel.

Tempatkan mainan tersebut di depan Si Kecil, saat ia terlihat berusaha meraihnya, jauhkan sedikit demi sedikit dari jangkauannya. Gerakan mainan tersebut sehingga bisa merangsang fisik motoriknya untuk mencoba merangkak.

Namun, dalam memilih mainan yang tepat Mom juga perlu memastikan tidak memberikan mainan dengan bahan yang rapuh maupun membahayakan buah hati. Terlebih pada usia 4 bulan gerakan Si Kecil akan menjadi lebih aktif lagi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. 

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.