DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Jan 24, 2017

Keajaiban Baking Soda Untuk Kulit

Bagikan


   

Selain harganya murah, baking soda juga memiliki banyak kegunaan, termasuk untuk kecantikan kulit. Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan, menyegarkan, serta mencerahkan kulit.

Tak hanya itu, baking soda juga dianggap bisa mengobati jerawat. Obat jerawat yang menggunakan baking soda dapat membantu mencapai kondisi kulit yang diinginkan. Dibandingkan dengan produk-produk kecantikan komersial, manfaat baking soda telah teruji dan menjadi alternatif yang efektif untuk membersihkan jerawat.

Berikut adalah manfaat baking soda untuk kecantikan kulit.

  

Mengatasi Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Untuk membersihkan jerawat, ambil satu sendok makan baking soda kemudian tambahkan dengan tiga sendok makan air, lalu campur hingga menjadi pasta kental. Oleskan pasta ini secara merata pada wajah dan diamkan selama lima belas menit sampai pasta mengering. Bersihkan wajah dengan air biasa, lalu keringkan wajah dengan handuk kecil yang halus dan kering.

Masker jerawat dari baking soda ini akan membersihkan kotoran dan debu yang menempel di pori-pori kulit serta mencerahkan kulit wajah. Lakukan perawatan kulit dengan pasta baking soda ini seminggu sekali sebelum tidur.

  

Mencegah Bekas Jerawat

Terkadang jerawat kecil meninggalkan bekas kehitaman dalam waktu lama. Mengatasi masalah langsung pada akarnya merupakan solusi terbaik untuk menghindari munculnya bekas jerawat di wajah Anda.

Caranya mudah, buatlah pasta dari satu sendok makan baking soda dan tiga sendok makan air. Oleskan pasta ini hanya pada jerawat, biarkan selama semalam. Pagi hari, cuci wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan setiap hari sampai jerawat hilang, ini akan membantu menghindari bekas jerawat yang mungkin muncul.

  

Exfoliant Alami

Baking soda juga bekerja dengan baik sebagai agen pengelupasan kulit (exfoliation agent). Campur satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Oleskan campuran tersebut pada wajah kemudian pijat kulit wajah selama 5 menit. Setelah itu, bilas  wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna mengelupas daerah bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati, dan membuka lapisan kulit baru. Proses ini akan mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terasa lebih lembut. Pengelupasan wajah secara teratur juga efektif mencegah jerawat. Baking soda merupakan produk alami dan aman digunakan untuk aplikasi topikal. Pasta baking soda juga bebas dari bahan kimia, sehingga jarang berdampak merusak pada kulit.

  

Melembutkan Kutikula

Saat kutikula atau kulit ari yang ada pada pinggiran kuku, rasanya pasti kurang nyaman. Gunakan pasta baking soda dan sikat gigi yang ta terpakai. Gosok pada area kutikula tersebut untuk melembutkan kutikula yang mengganggu.

  

Kaki Kusam dan Pecah-Pecah

Apakah kaki Anda terasa lelah, pecah-pecah dan kusam? Coba rendam kaki dalam larutan air hangat yang diberi 3 sdm baking soda. Khasiatnya mampu membuat kaki lebih rileks dan lembut kembali, serta mengusir kekusaman pada kaki Anda.

  

Mengatasi Bintik Hitam

Bintik hitam pada wajah memang kurang sedap dipandang. Apalagi munculnya di area hidung. Dengan menggunakan baking soda untuk kulit hidung, maka masalah bitnik hitam akan segera terselesaikan.

Caranya dengan seperempat cangkir susu dicampur dengan 1 sdm baking soda yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut, Ma. Gunakan sebagai scrub lembut untuk area hidung atau di manapun Anda menemukan bintik hitam mengganggu wajah.

  

Pembersih Rambut

Kadang rambut kita masih menyimpan banyak sekali kotoran sisa dari produk rambut yang gunakan. Entah itu hair spray, wax dan sebagainya. Kalau sudah begitu, maka baking soda bisa menjadi penyelamat.

Membersihkan rambut dengan cara ini adalah dengan menambahkan baking soda pada shampoo, takaran sama banyak. Cara ini bisa membuat rambut Anda lebih cepat bersih daripada hanya menggunakan shampoo. Selain itu juga mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala.

  

Sebelum menggunakan pasta baking soda untuk wajah, lebih baik mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit cocok menggunakan baking soda atau tidak. Sebaiknya oleskan pasta baking soda pada tengkuk, biarkan selama beberapa menit.

Bila kulit tengkuk terasa panas, segera bersihkan pasta baking soda dari kulit. Ini berarti baking soda tidak cocok untuk Anda. Bila tidak ada keluhan, berarti Anda bisa melanjutkan penggunaan pasta baking soda untuk wajah.

  

Nah, apakah Mama sudah pernah mencoba menggunakan baking soda untuk hal lain selain untuk memasak dan membuat kue? Yuk berbagi cerita di kolom komentar.

  

(HEI)

Bagikan

Artikel Terkait