Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Gaya Hidup | Jun 15, 2016

Lapar Saat Puasa? Ini Solusinya

Bagikan


Lapar di saat puasa memang hal yang wajar terjadi. Terlebih lagi bila aktivitas Anda padat dan membutuhkan banyak energi. Tapi jangan khawatir, karena tekad yang kuat akan mengantarkan niat baik kita pada tujuan beribadah. Apa yang bisa Anda lakukan adalah mengendalikan pikiran dan emosi untuk bertahan dari rasa lapar. Berikut adalah 6 tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa lapar tanpa makan ataupun minum. Yuk, simak baik-baik!

 

Lakukan Perbuatan Positif

Melahirkan pikiran yang positif mampu membunuh rasa lapar. Konsep ini sederhana, ketika Anda melakukan hal yang positif maka tubuh Anda akan mengeluarkan hormon serotonin dan dopamine yang membawa rasa bahagia. Ketika hati senang dan damai, maka sejenak rasa lapar atau mengidamkan sesuatu akan sirna. Lakukan hal yang sederhana seperti memberikan komentar positif tentang penampilan teman Anda hari ini misalnya. Hasil studi Journal of Obesity memaparkan, aktivitas positif mampu mengurangi tingkat emosional seseorang untuk makan.

 

Menonton Video Lucu

Jangan cemberut saja, lebih baik tersenyum dan tertawa karena dengan begitu semakin banyak kalori yang bisa Anda bakar. Selain membawa rasa senang di hati, menghibur diri dengan cara ini mampu membuat kita lupa waktu. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu pekerjaan Anda, ya!

 

Berolahraga

Olahraga membuat lapar=MITOS. Hasil penelitian Loughborough University membuktikan bahwa dengan berolahraga tubuh akan memproduksi pepside YY yang menahan nafsu makan. Bonus tambahan adalah otot-otot yang terbentuk akan meningkatkan metabolisme Anda.

Berolahraga tidak perlu yang berat-berat. Perbanyaklah berjalan kaki di sela-sela pekerjaan atau melakukan peregangan otot selama 30 menit.

 

Bermain Game

Buatlah otak Anda menjadi sibuk. Dengan bermain game konsentrasi Anda akan terpusat pada permainan. Para peneliti dari Stanford menyatakan bahwa sebagian besar orang tidak mengemil saat bermain game. Tentu saja aktivitas lain akan mengalihkan konsentrasi dari permainan. Mainkanlah game yang membutuhkan waktu lama hingga bedug maghrib tiba.

 

Memanjakan Indra Penciuman

Aroma memiliki pengaruh yang kuat untuk otak dan perut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa menyalakan lilin aromaterapi dengan wangi yang manis akan membuat Anda merasakan sensasi saat makan. Seperti yang tertulis dalam jurnal Regulatory Peptides, cara ini merupakan sebuah trik untuk menurunkan hormon  ghrelin yang menimbulkan rasa lapar.

 

Memandang Langit

Jangan putus asa, rasa lapar akan hilang dengan sendirinya ketika diri Anda merasakan kedamaian. Bila Anda merasa sangat gelisah, segera temukan tempat yang tenang. Pandanglah langit yang cerah dan tenangkan pikiran Anda. Hormon cortisol akan kembali muncul untuk memicu rasa bahagia Anda.

(SR)

 

Sumber: rodalewellness | prevention

Foto: yourfitsinspiration

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.