Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Sep 6, 2017

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Bagikan


Mama sudah sering mendengar nama buah satu ini, ‘kan? Mengkudu adalah salah satu buah yang terkenal dengan sejuta manfaatnya. Namun, sayang, tak semua orang menyukai buah yang juga dikenal dengan sebutan buah 'noni' atau 'pace' ini.

Mengkudu adalah tanaman yang tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m. Tinggi pohonnya mencapai 3-8 meter. Bunga tanaman ini memiliki bonggol berwarna putih. Jika masih muda, buah mengkudu berwarna hijau mengilap dan memiliki totol-totol putih yang akan berubah menjadi hitam saat sudah masak.

Daging buahnya memang kurang diminati karena lembek dan berbau busuk. Namun, ternyata, buah ini mengandung banyak sekali zat yang baik untuk menjaga kesehatan serta dapat mengobati beberapa penyakit. Mama penasaran apa saja kandungan dari buah satu ini? Ini dia informasi lengkapnya:

1. Selenium

Buah mengkudu tergolong jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Mengkudu kaya kandungan protein, vitamin, serta mineral penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu zat luar biasa yang juga terkandung dalam mengkudu adalah selenium. Zat satu ini tergolong jenis mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dan sangat hebat melawan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti xeronin, plant steroid, alizarin, caprylic, arginine, proxerinin, dan magnesium.

2. Terpenoid

Terpenoid adalah salah satu jenis nutrisi yang berperan penting membantu proses sintetis organik serta dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel jaringan tubuh yang telah tua dan tak berfungsi lagi. Selain itu, senyawa jenis isokarbon hidrometik ini juga berfungsi sebagai zat antibakteri yang bisa melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Terpenoid juga terbukti dapat memecah sel-sel kanker yang menyerang jaringan tubuh tertentu.

3. Scolopetin

Scolopetin tergolong zat dalam senyawa coumarine yang diyakini memiliki sifat antiperadangan. Selain itu, zat ini juga bisa menghilangkan gejala yang timbul akibat alergi seperti kulit gatal dan kemerahan serta demam.  Tak hanya bisa mengobati penyakit akibat peradangan, scolopetin juga berkhasiat membantu menormalkan tekanan darah dan mengatur hormon yang bisa memicu seseorang mengalami depresi. 

Dengan banyaknya kandungan baik di dalam mengkudu, tentu saja ada beragam manfaat yang bisa Mama dapatkan dengan mengonsumsi buah mengkudu. Berikut khasiat buah noni:

1. Antikanker dan Antiperadangan

Buah mengkudu bisa mengobati segala penyakit yang disebabkan peradangan pada jaringan tubuh serta bisa menormalkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko hipertensi. Mengkudu juga bermanfaat sebagai makanan antikanker dan bisa mengendalikan produksi hormon serotonin yang bertugas mengatur tingkat emosi seseorang agar tak mudah depresi.

Baca juga: 5 Makanan Terbaik Pencegah Kanker Serviks

2. Memperlancar Peredaran Darah dan Meningkatkan Imunitas

Mengkudu juga bisa memperlancar peredaran darah serta dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Jika tubuh seseorang banyak memproduksi sel-sel abnormal, kandungan dalam mengkudu bisa mematikan zat-zat tersebut sehingga tak berkembang menjadi zat yang dapat memicu penyakit lainnya. Bagi Mama yang mudah sekali jatuh sakit, sebaiknya banyak makan mengkudu untuk meningkatkan sistem imunitas.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh! Mulai sekarang, Mama bisa menjadikan mengkudu sebagai makanan yang bisa memenuhi nutrisi harian serta dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bagi Mama yang tak suka dengan rasa pahit buah satu ini namun ingin merasakan khasiatnya, jangan khawatir. Kini sudah banyak ekstrak mengkudu dalam bentuk kapsul yang praktis dikonsumsi.

Jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat seperti makan sayur, buah, dan protein secara seimbang, berolahraga teratur, istirahat cukup, serta banyak minum air putih. Tenangkan juga pikiran Mama dengan melakukan hal-hal yang disukai. Jangan biarkan rasa stres dan beban pekerjaan menggerogoti kesehatan Mama. Keep healthy!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.