Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Sep 22, 2017

MPASI Pertama Sebaiknya Buah atau Serealia?

Bagikan


Setelah mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan penuh, sistem pencernaan Si Kecil membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri mencerna berbagai macam makanan padat. Oleh karena itu, sangat wajar jika Mama kemudian bingung dengan banyaknya pertimbangan saat memilih bahan makanan untuk MPASI pertama si kecil.

Ada yang berpendapat bahwa pemberian MPASI harus dimulai dengan buah dahulu. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa lebih baik serealia atau sayuran yang didahulukan. Mama sebenarnya tidak perlu memusingkan berbagai pendapat tersebut. Hal yang paling penting adalah Mama memberikan bahan makanan segar, bukan instan atau siap saji, untuk MPASI si kecil.

MPASI Pertama Buah atau Serealia?

Dikutip dari detikHealth, berdasarkan pernyataan dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp. A. dari RS Bunda Jakarta, jadwal MPASI minggu pertama bisa dimulai dengan buah, dengan catatan berat badan Si Kecil masuk dalam berat normal. Sebaliknya, jika berat badan Si Kecil cenderung kurus, maka MPASI sebaiknya tidak dimulai dari buah tetapi serealia.

Berdasarkan pengamatannya di lapangan, dr. Tiwi menyampaikan bahwa bayi yang MPASI-nya dimulai dengan buah akan sulit mengonsumsi serealia. Ia menambahkan bayi dengan MPASI pertama buah cenderung kesulitan menambah berat badan, karena buah tidak bersifat menaikkan berat badan.

Memberikan buah yang mengandung fruktosa sebagai MPASI pertama akan memengaruhi preferensi si kecil terhadap rasa manis. Sehingga, saat diberi serealia, si kecil bisa saja tidak suka karena rasanya cenderung hambar. Nah, jika Mama ingin mengejar kenaikan berat badan si kecil, pemberian daging dalam MPASI justru lebih cepat menaikkan berat badan.

Dengan begitu, akan lebih baik jika penggantian menu MPASI tidak dilakukan dalam waktu yang terlalu lama. Setelah beberapa hari diberikan serealia kemudian buah, Mama bisa memberikan bubur tim saring dengan daging. Jika si kecil cenderung kurus, pemberian hati atau daging juga bisa Mama lakukan meskipun si kecil masih berusia 6 bulan, mengingat hati atau daging bisa lebih cepat menaikkan berat badan.

Panduan Memilih MPASI Pertama

Terlepas dari pertimbangan mengenai pemberian MPASI pertama buah atau serealia, ada beberapa hal penting yang perlu Mama perhatikan dalam memilih bahan makanan untuk MPASI pertama si kecil. Berikut panduan dalam memilih bahan makanan untuk MPASI si kecil:

  1. Untuk bahan makanan dari jenis buah-buahan, Mama perlu memastikan bahwa buah yang dipilih tidak menimbulkan gas dan tidak tinggi serat. Rekomendasi buah yang dinilai baik sebagai MPASI di antaranya jeruk, pepaya, dan pisang.
  2. Untuk bahan makanan dari jenis sayuran, Mama harus menghindari sayuran yang bisa menimbulkan gas, seperti kol, sawi, kembang kol, lobak, kacang panjang, dan asparagus. Sebaliknya, jenis sayuran seperti bayam, wortel, tomat, dan labu siam merupakan yang paling direkomendasikan untuk MPASI.
  3. Untuk bahan makanan hewani, Mama bisa memilih jenis bahan makanan hewani yang mengandung rendah serat, seperti daging ayam, ikan salmon, hati ayam, dan daging sapi giling.

 

Perlu Mama ingat pula bahwa ada tiga syarat yang perlu diperhatikan dalam pemberian MPASI pertama, yaitu si kecil sudah mau secara psikologis, kemampuan fisik si kecil sudah benar-benar mendukung (si kecil sudah bisa duduk tegak dengan disangga dan kepala tegak), kemudian sistem pencernaan si kecil juga sudah siap menerima makanan selain ASI atau jenis makanan padat.

Baca juga: Kapan Bayi Anda Siap Makan?

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.