Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Fertilitas | Jun 2, 2017

Mungkinkah Hamil dengan Satu Indung Telur?

Bagikan


Banyak wanita memiliki masalah kesuburan dengan satu ovarium karena mereka berovulasi lebih sedikit. Masalah kehamilan satu indung telur dapat dihindari dengan melakukan beberapa langkah penting untuk meningkatkan peluang hamil. Memang, menurut pendapat para ahli, cukup sulit untuk hamil dengan satu indung telur, tetapi bukan berarti tidak mungkin, kan?

Mungkinkah Hamil dengan Satu Ovarium?

Agar wanita bisa hamil, ada tiga komponen penting yang harus ada:

  1. Sel sperma sehat, yang diproduksi oleh pria dan dimasukkan ke saluran reproduksi wanita
  2. Sel telur sehat, yang dilepaskan oleh salah satu ovarium setiap bulannya.
  3. Saluran tuba fallopi, yang menghubungkan rahim dengan ovarium dan memungkinkan sperma bergerak ke arah ovarium, sehingga terjadi pembuahan, dan bergerak ke bawah menuju rahim untuk implantasi.

 

Normalnya, seorang wanita memiliki dua ovarium (indung telur) yang dihubungkan oleh tuba fallopi ke kedua sisi rahim. Ovarium, secara bergiliran -- meski tidak dalam urutan tertentu -- melepaskan sel telur, sebuah proses yang dikenal sebagai ovulasi. Telur yang dilepaskan bergerak ke arah tuba fallopi dan masuk ke rahim. Jika ada sel sperma, maka akan membuahi sel telur di tuba fallopi, sebelum memasuki rahim.

Dari berbagai kasus serupa yang pernah ditangani Dr. M. Suryo Bawono, SpOG., beliau menyatakan bahwa kemungkinan besar wanita masih bisa hamil dengan satu ovarium. Selama wanita masih memiliki satu indung lain dan saluran indung telurnya masih berfungsi dengan baik, maka wanita dapat hamil kembali.

Meningkatkan Peluang Hamil dengan Satu Ovarium

Tindakan tepat yang harus dilakukan saat mencoba hamil adalah memeriksa apakah Mama mengalami menstruasi dan masalah fisik lainnya jika ingin hamil. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar meningkatkan peluang hamil meski dengan satu ovarium:

  1. Kunjungi Dokter Spesialis

Atur jadwal kunjungan ke dokter spesialis dan periksakan diri. Dokter akan melakukan tes ultrasound (USG) dan tes darah untuk memastikan bahwa ovarium Mama melepaskan sel telur. Kemungkinan Mama akan melakukan serangkaian tes kesuburan lain untuk mengetahui kondisi fisik Mama.

  1. Ikuti Kalender Kesuburan

Coba gunakan kalender kesuburan. Kebanyakan wanita berovulasi pada waktu yang berbeda selama siklus haid, namun ada juga yang mengalami ovulasi pada suatu waktu antara hari ke-11 dan 21 dari siklus mereka. Hari pertama siklus mereka selalu merupakan hari pertama menstruasi.

  1. Periksa Tanda-tanda Ovulasi

Amatilah tanda-tanda ovulasi yang menghambat selama periode ini. Wanita sering mengalami perubahan lendir serviks, peningkatan suhu tubuh basal, atau hasil positif pada alat prediksi ovulasi sebelum mereka berovulasi.

Baca juga: 10 Tanda Saat Sedang Ovulasi

  1. Waktu Berhubungan Intim

Kesuburan wanita puncaknya terjadi sebelum, selama, dan setelah ovulasi. Jadi akan lebih bijak jika Mama melakukan hubungan intim pada waktu tersebut. Mintalah dokter memantau folikel Mama melalui ultrasound (USG) setiap minggu.

  1. Tes Kesuburan

Setelah melalui semua langkah yang diperlukan, lanjutkan ke tahap merencanakan kehamilan. Bagaimanapun, Mama harus menyadari fakta bahwa peluang sel telur dilepaskan dari satu ovarium dan mencapai tuba fallopi di sisi lainnya akan sangat tipis. Namun, dengan ketepatan waktu, Mama pasti bisa hamil.

  1. Alternatif Lain

Jika tidak ada lagi saluran tuba fallopi akibat tindakan bedah sebelumnya, dokter akan menyarankan IVF atau in vitro fertilization bagi wanita yang ingin hamil.

Sudahkah Mama melakukan tindakan yang tepat?

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.