DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kehamilan | Apr 3, 2017

Panduan Memilih Bra Ibu Hamil

Bagikan


 

 

Seperti bagian tubuh lainnya, payudara pun ikut berubah ketika hamil, yaitu menjadi lebih besar dan lebih sensitif terhadap sentuhan. Itu sebabnya Mama membutuhkan bra ibu hamil,  yang dapat menopang seluruh payudara Mama yang tentu saja semakin berat dari hari ke hari. 

 

Bagaimana Cara Mengetahui Mama Membutuhkan Bra Baru?

 

Menurut Felina Gallagher dari Upper Breast Side, sebuah pusat menyusui di Manhattan, New York, AS, Mama bisa mengetahuinya ketika merasa bra lama Mama semakin sempit dan tidak nyaman dikenakan, serta Mama melihat ‘jejak’ karet dan tali bra di lingkar dada dan pundak Mama.  Atau bisa juga ketika Mama merasa cup bra lama tak lagi mampu menampung seluruh payudara Mama.

Setiap kehamilan memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap wanita, termasuk pada payudara. Ada pula wanita yang tidak mengalami perubahan pada lingkar dada, tetapi hanya berubah ukuran cup-nya. Oleh karena itu, kenali tipe perubahan pada payudara Mama sebelum membeli maternity bra.   

 

Perbedaan Antara Maternity Bra dan Nursing Bra

 

Maternity bra sama seperti regular bra, hanya saja didesain sedemikian rupa sehingga terasa lebih nyaman dikenakan, terutama saat kehamilan. Maternity bra biasanya memiliki tali strap yang lebih lebar, terbuat dari bahan katun yang lembut, dan memiliki pengait ekstra untuk berjaga-jaga seandainya ukuran lingkar dada Mama membesar dalam waktu beberapa bulan ke depan. Maternity bra umumnya tidak dilengkapi dengan kawat penyangga di bagian bawah cup-nya.  Sedangkan  nursing bra, meski memiliki kenyamanan yang setara dengan maternity bra, tetapi dilengkapi fitur tambahan lain berupa pengait di bagian atas cup untuk mempermudah Mama saat menyusui.

 

Berapa Banyak Maternity Bra Yang Dibutuhkan?

 

Tergantung budget Mama. Yang pasti, jangan kalap membeli maternity bra  di awal kehamilan. Ingat, lingkar dada Mama kemungkinan besar akan semakin melebar di trimester akhir kehamilan. Jadi, alokasikan waktu dan budget untuk membeli maternity bra di beberapa periode kehamilan yang berbeda. Demikian dikatakan Nancy Held, konsultan laktasi sekaligus perawat bersertifikat dari San Francisco Bay Area, sejenis pusat pendidikan untuk para orangtua baru.

Khusus untuk nursing bra, disarankan untuk tidak membelinya sebelum Mama melahirkan. Ukuran payudara Mama paska melahirkan tidak terprediksi, dan bisa saja membesar dua ukuran sekaligus seiring dengan produksi ASI Mama yang berlimpah.

 

Model Bra Terbaik Saat Hamil

 

Pilihlah bra dengan jahitan kuat dan memiliki tali penyangga yang kokoh. Jika ukuran cup payudara Mama lebih besar dari D, pastikan Mama memilih bra dengan tali penyangga yang cukup lebar (minimal 2 cm) sehingga tidak akan menyakiti bahu. Bra dengan kawat di bagian bawah cup boleh saja dipilih, selama Mama tak merasa ‘dicubit’ saat mengenakannya. Dan untuk menghindari lecet, pilihlah bra yang terbuat dari 100% katun, dan tidak memiliki jahitan di bagian dekat puting.

 

Bagaimana Mengetahui Bra Yang Dipilih Sudah Tepat?

 

Untuk meyakinkan bahwa bra yang Mama beli sudah benar-benar tepat, belilah bra di toko khusus pakaian dalam, atau bahkan maternity store. Mintalah bantuan dari para petugas toko untuk memilih bra yang cocok untuk Mama. Biasanya, mereka akan dengan senang hati membantu. Joyce Andrews, Senior Fitter di The Bra Smyth, menyarankan agar Mama duduk selama mencoba bra, untuk melihat apakah bra tersebut ‘menempel’ dengan baik di tubuh Mama. Bra yang baik tidak akan bergeser, terangkat, atau terlipat ketika Mama berdiri ataupun duduk. Jika karet di lingkar dada bergeser ke atas (menjepit payudara) ketika Mama bergerak, cup terasa kekecilan, atau tali penyangga terasa ‘menggigit’ bahu, itu artinya bra tersebut tidak cocok untuk Mama.

 

Nah, sudah mengerti tips untuk memilih bra ibu hamil kan, Ma? Selamat berburu bra ini di tempat yang tepat ya.

 

<VAN>

 

Bagikan

Artikel Terkait