Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Feb 8, 2017

Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Bagikan


 

   

Saat Mama sedang hamil atau merencanakan kehamilan, sangat penting untuk mendapatkan asam folat. Nutrisi ini dibutuhkan selama dan menjelang kehamilan dalam jumlah yang cukup. Selain mengonsumsi asam folat, Mama juga harus mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang secara teratur.

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan bayi. Asam folat tidak dapat diproduksi tubuh sehingga harus didapatkan dari suplemen maupun makanan dengan kandungan asam folat tinggi.

  

Apakah Manfaat Asam Folat?

Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf. Apakah maksudnya? Cacat tabung saraf adalah cacat lahir serius pada sumsum tulang belakang dan otak bayi. Tabung saraf adalah bagian embrio di mana tulang belakang dan otak bayi berkembang.

Cacat tabung saraf terjadi pada tahap perkembangan sangat awal, bahkan sebelum Mama sadar kalau sedang hamil. Itulah sebabnya penting sekali untuk mulai konsumsi asam folat sebelum mulai merencanakan kehamilan agar bayi dan ibu hamil sehat.

Usahakanlah konsumsi asam folat setiap hari sesuai anjuran dokter setidaknya mulai satu bulan sebelum konsepsi dan selama trimester pertama kehamilan untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi hingga 70 persen.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat lain pada bayi, seperti bibir sumbing, celah langit-langit, dan beberapa jenis kelainan jantung.

Kekurangan asam folat juga dapat mengurangi risiko preeklamsia, gangguan tekanan darah serius yang memengaruhi sekitar 5 persen dari wanita hamil.

Apa lagi manfaat asam folat bagi Mama? Tubuh Mama membutuhkan nutrisi ini untuk menormalkan sel-sel darah merah dan mencegah anemia.

Asam folat juga penting untuk produksi, perbaikan, dan fungsi DNA, peta genetik dan blok susunan dasar sel. Mendapatkan kandungan asam folat yang cukup sangatlah penting untuk pertumbuhan sel plasenta dan perkembangan bayi.

  

Berapa Banyak Kebutuhan Asam Folat?

Untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi, para ahli merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari, dimulai setidaknya sebulan sebelum mulai merencanakan kehamilan.

Periksalah label suplemen multivitamin Mama untuk memastikan cukup banyak kandungan asam folat yang Mama butuhkan. Jika tidak, Mama bisa mengganti dengan suplemen lain atau konsumsi asam folat secara terpisah, dengan catatan, jangan konsumsi lebih dari satu jenis multivitamin dalam sehari.

Jika Mama sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya konsumsi resep vitamin prenatal yang mengandung 800 sampai 1.000 mcg asam folat. Sekali lagi, periksalah labelnya lebih dahulu.

Jangan konsumsi asam folat lebih dari 1.000 mcg per hari kecuali dokter yang menyarankannya. Asam folat tinggi juga sangat penting jika Mama seorang vegetarian yang berisiko kekurangan vitamin B12 dan konsumsi terlalu banyak asam folat akan sulit mendiagnosis kekurangan asam folat.

   

Kapan Perlu Asam Folat Tambahan?

Wanita yang mengalami obesitas lebih cenderung memiliki bayi dengan cacat tabung saraf. Jika Mama kelebihan berat badan, konsultasikan dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan. Dokter mungkin menyarankan Mama untuk konsumsi lebih dari 400 mcg asam folat per hari.

Jika sebelumnya Mama sudah pernah melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, Mama mungkin akan disarankan untuk konsumsi 4.000 mcg asam folat per hari. Tanpa penanganan apa pun, wanita dalam situasi ini akan memiliki peluang 3 sampai 5 persen kehamilan berikutnya dengan cacat tabung saraf.

Jika Mama sedang mengandung anak kembar, dokter mungkin menyarankan konsumsi sebanyak 1.000 mcg asam folat per hari.

Beberapa wanita memiliki variasi genetik yang dikenal dengan mutasi methylenetetrahydrofolate reduktase (MTHFR). Faktor ini membuatnya lebih sulit memproses folat dan asam folat. Jika Mama mengalami mutasi ini, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan Mama mendapatkan kandungan asam folat yang cukup.

Wanita yang menderita diabetes atau konsumsi obat tertentu juga lebih cenderung memiliki bayi dengan cacat tabung saraf. Jika salah satu dari situasi ini terjadi pada Mama, kunjungi dokter setidaknya sebulan sebelum merencanakan kehamilan untuk mengetahui berapa banyak asam folat yang harus dikonsumsi dan untuk memantau kondisi Mama secara umum.

  

Gejala Kekurangan Asam Folat

Tanda-tanda kekurangan asam folat bisa tidak terlihat. Mama mungkin mengalami diare, anemia, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan, serta lemas, lidah sakit, sakit kepala, jantung berdebar-debar, dan mudah tersinggung.

Jika hanya sedikit kekurangan, Mama mungkin tidak melihat gejalanya sama sekali, tetapi Mama tidak akan mendapatkan jumlah yang optimal pada awal perkembangan embrio bayi.

 

Kehamilan adalah hal lazim bagi setiap wanita usia subur, tapi ibu hamil sehat itu pilihan. Bukankah demikian, Mama?

 

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.