Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Balita | Jul 3, 2017

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

Bagikan


Mengonsumsi makanan sehat memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika Mama memiliki buah hati di rumah, tidak ada salahnya jika Mama sebagai orang tua mulai menerapkan pola makan yang sehat untuk si kecil. Pola makan yang sehat ini sangat berpengaruh pada masa depan si anak. Bagaimana tidak, kesehatan anak yang terganggu ketika ia masih sangat muda akan sulit dikembalikan seperti semula ketika ia telah tumbuh dewasa. Karena itu, mengonsumsi makanan sehat akan sangat berpengaruh pada masa depan seseorang.

Menyantap makanan sehat merupakan hal yang mudah dilakukan. Pada dasarnya, makanan sehat terdiri dari beberapa menu protein, karbohidrat, dan serat. Di Indonesia, ketiga menu utama tersebut sangat mudah didapatkan. Yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan mengolahnya sedemikian rupa agar lebih menarik dan tidak membosankan ketika disantap.

Si kecil yang sulit dibujuk mengonsumsi makanan sehat bisa diajak belajar mengapa mereka perlu mengonsumsi semua sumber gizi tersebut. Orang tua juga sebaiknya memilih makanan yang menjadi kesukaan buah hati agar nafsu makannya meningkat. Sedikit kesampingkan makanan yang mengandung banyak gula dan lemak dalam menu sehari-hari.

Baca juga: 4 Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kondisi kesehatan buat hati bisa awet hingga ia dewasa jika orang tua mau mengajaknya untuk aktif menggerakkan tubuh, dan bukannya duduk lama di depan TV. Pergerakan aktif anak akan menjadi lebih maksimal ketika ia memiliki energi cukup untuk beraktivitas. Semua energi tersebut ada pada makanan yang dikonsumsinya seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Dokter anak menyatakan bahwa seorang anak setidaknya perlu mengonsumsi lima potong buah dan lima sendok sayur setiap hari.

Fakta menunjukkan bahwa makanan sehat memang akan memberi dampak yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama organ dalam manusia. Anak-anak yang terbiasa mengonsumsi makanan sehat akan memiliki daya tahan tubuh yang baik pula.

Ketika pola makannya sudah seimbang, hal pertama yang pasti dirasakannya adalah kondisi pencernaan yang prima. Coba bayangkan ketika si kecil sering jajan sembarangan dan minum minuman kaleng, akan ada saja masalah pencernaan yang dialaminya. Masalah kesehatan kronis juga akan dialami si kecil seiring dengan jumlah makanan tak sehat yang dikonsumsinya. Beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan kualitas makanan yang dikonsumsi sehari-hari adalah obesitas, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan kanker.

Akar dari semua penyakit kronis tersebut jelas merupakan jenis makanan yang disantap dan semuanya sangat bisa dihindari jika jumlah dan jenis makanan sudah diatur sejak seseorang masih berada di usia belia. Jadi apakah Anda masih ragu untuk terus memberikan asupan paling baik untuk kesehatan buah hati?

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.