Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Janin Minggu Ke-22

Bagikan


Perkembangan Janin Minggu Ke-22

PERKEMBANGAN JANIN

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini sekitar 19-22 cm dan berat badan janin sekitar 350 gram. Janin Mama sekarang seperti miniatur dari bayi cukup bulan.

Bibir, kelopak mata, alis sudah terlihat lebih jelas. Matanya sudah terbentuk namun iris janin masih belum memiliki pigmen. Lanugo atau rambut halus melingkupi seluruh tubuhnya. Janin saat ini juga sudah dapat merasakan sentuhan ringan.


Salah satu fungsi hati adalah pemecahan bilirubin. Hati janin saat ini memiliki kapasitas yang terbatas untuk mengubah bilirubin. Jika janin lahir prematur, maka kemungkinan ia akan memiliki bilirubin yang tinggi dan menyebabkan jaundice atau kuning pada kulit dan mukosa.

Bayi yang menderita jaundice juga memiliki kulit dan mata yang kuning. 
Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih yang penting untuk melawan penyakit dan infeksi. Pankreas, yang penting untuk produksi hormon, mulai berkembang.

TUBUH MAMA

Rahim Mama akan terus membesar hingga minggu-minggu ke depan. Stretchmark akan semakin terlihat jelas seiring dengan perubahan badan Mama selama kehamilan.

Stretchmark ini dapat memiliki variasi warna dari merah jambu sampai cokelat gelap, tergantung warna kulit. Meskipun umumnya terdapat di perut, stretchmark juga bisa didapatkan di daerah bokong, pinggul, paha bagian dalam, dan payudara. 

Selalu jaga kelembapan kulit untuk mencegah gatal pada stretchmark. Jika Mama sering merasa kram pada perut, istirahatlah lebih sering dan konsumsi susu atau makan pisang.

TIPS: OLAHRAGA PADA KEHAMILAN TRIMESTER KEDUA

Olahraga pada kehamilan trimester ke-2 sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah energi Mama dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Olahraga juga bisa mempersiapkan tubuh Mama untuk menghadapi persalinan dan mencegah kenaikan berat badan berlebih.
Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil, antara lain berenang, jalan kaki, yoga, dan aerobik ringan. Selain itu ada latihan lain yang bisa Mama lakukan sebagai alternatif pilihan:

  1. Sepeda statis (Mama bisa melakukannya di gym).
  2. Pekerjaan rumah, seperti menyapu, membersikan jendela, dan berkebun.
  3. Berhubungan seks.
  4. Tai chi dengan limit gerakan yang mirip yoga.
  5. Dansa, seperti jazz, latin atau ballroom dance (hindari gerakan melompat dan berputar).

 

Jangan ragu untuk mengurangi porsi olahraga ketika Mama merasa kesulitan bernapas atau tak kuat lagi untuk melanjutkannya. Ingat pula untuk memenuhi kebutuhan cairan Mama dengan mengonsumsi air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Apa pun pilihan olahraga Mama, konsultasikan dengan dokter sebelum melakukannya, ya!


Narasumber: dr. Ariefandy Pambudi, SpOG (RSIA Kendangsari MERR Surabaya)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.