Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Janin Minggu Ke-38

Bagikan


Perkembangan Janin Minggu Ke-38

PERKEMBANGAN JANIN

Pada saat ini bayi Mama akan memiliki berat sekitar 2,8-3 kg dengan panjang total 47 cm. Lingkaran kepala dan lingkaran perut bayi sudah memiliki ukuran yang sama. Bayi akan terus tumbuh dan berkembang hingga nanti dilahirkan.

Kini bayi sudah siap menyapa dunia.

Pada masa ini rata-rata bayi masih terus menambahkan simpanan lemaknya yang akan membantunya mengatur suhu badan setelah lahir. Semua sistem organ si kecil sudah terbentuk dan sempurna pada tempatnya, walaupun paru-paru bayi adalah yang terakhir mencapai kematangan.

TUBUH MAMA

Kontraksi akan semakin sering Mama rasakan. Pada pemeriksaan rutin ke dokter, biasanya Mama akan menjalani evaluasi kadar zat besi. Jangan sampai Mama mengalami anemia karena defisiensi besi. Mama dengan anemia akan mengalami gejala mudah lelah dan dikhawatirkan tidak akan kuat saat persalinan nanti.

TIPS: OLAHRAGA UNTUK PERSALINAN YANG LEBIH MUDAH

Siapkan tubuh Mama untuk menghadapi persalinan dengan berbagai latihan berikut:

  1. Tailor Sitting

Latihan ini memperkuat otot punggung, paha, panggul, dan memperkokoh postur Mama selama kehamilan. Latihan ini juga membantu melenturkan panggul sehingga mempermudah persalinan.

Duduklah dengan punggung tegak. Tekuk kaki Mama dan pertemukan kedua telapaknya (posisi kupu-kupu). Tekan kedua lutut secara perlahan hingga mendekati lantai. Mama akan merasakan tarikan di daerah paha.

Lakukan gerakan ini secara perlahan untuk menghindari cedera otot. Bersandarlah pada tembok ketika Mama kesulitan untuk menurunkan lutut. Tahan posisi selama 10-15 detik dan ulangi sebanyak 5-10 kali.

  1. Squatting

Gerakan ini mampu membuka panggul lebih lebar ¼ - ½ inci, sehingga memberikan ruang lebih untuk si kecil lahir. Namun, gerakan ini bisa sangat melelahkan bagi Mama, jadi tetap lakukan secara hati-hati dan sesuai dengan kondisi tubuh.

Berdirilah dengan punggung bersadar pada dinding. Lebarkan kedua kaki Mama hingga sejajar bahu, dan buat jarak sekitar 3 cm antara kaki dengan dinding. Biarkan kedua tangan Mama relaks di samping badan.

Secara perlahan, turunkan tubuh Mama dengan tetap meluruskan punggung hingga membentuk posisi squat atau berjongkok. Rendahkan tubuh Mama hingga posisi paha sejajar dengan lantai. Tahan selama 5-10 detik, kemudian naik secara perlahan. Ulangi sebanyak 5-10 kali.

Narasumber: dr. Ariefandy Pambudi, SpOG (RSIA Kendangsari MERR Surabaya)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.