DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | May 22, 2017

Plus Minus Menggunakan Jasa Babysitter Untuk Merawat Anak

Bagikan


 

Menggunakan jasa babysitter untuk membantu dalam merawat bayi memang selalu menjadi pro dan kontra. Di satu sisi, Mama dan keluarga ingin merawat sendiri si kecil, agar lebih detail dalam mengurusnya, tetapi di sisi lain mengurus anak sendirian juga bukan hal yang mudah. Terutama bila Mama memiliki peran ganda (menjadi ibu sekaligus wanita karier), tentu menjadi tantangan tersendiri untuk membagi waktu bekerja dan mengurus anak. Hal inilah yang kadang menjadi pertimbangan Mama untuk menyewa jasa babysitter, untuk membantu mengurus dan mengawasi anak terutama saat sedang bekerja. Lalu, apakah memilih babysitter ini adalah langkah yang tepat bagi si kecil?

Pertimbangan Dalam Menggunakan Jasa Babysitter

Untuk memutuskan apakah sebaiknya menggunakan jasa babysitter atau tidak, semua kembali ke pemikiran Mama dan pasangan. Ada beberapa orangtua yang dapat mempercayakan babysitter untuk menjaga anaknya, tapi ada pula yang tidak percaya dan lebih condong untuk mengurusnya sendiri.

Memang lebih enak apabila ada kerabat atau keluarga dekat yang mampu mengasuh anak anda. Namun, jika Mama tidak menemukannya, menyewa babysitter adalah jalan yang bisa Mama tempuh. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak sembarangan dalam memilih babysitter. Pilihlah babysitter yang memang terlatih di bidangnya. Beberapa dari babysitter telah mengambil kursus dalam pendidikan usia dini, pertolongan pertama, dan CPR. Jangan lupa juga untuk interview atau mengobrol lebih dalam mengenai pengalaman calon babysitter pilihan Mama. Dari situ Mama bisa melihat juga apakah babysitter tersebut memiliki  kejujuran dan rasa kasih sayang pada anak kecil.

Untuk membina hubungan yang baik, jadikan babysitter sebagai partner kerja serta bagian dari keluarga Mama. Beri dia kepercayaan, namun tetap dalam pengawasan Mama. Apabila babysitter nyaman di rumah dan bisa bekerja sama dengan baik, ini akan mempermudah Mama dalam berbagi tugas untuk merawat si kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Babysitter

Ini dia beberapa kelebihan yang bisa Mama rasakan dengan menggunakan bantuan jasa babysitter saat merawat anak:

  1. Mengurangi Stres

Adanya babysitter juga membuat Mama berkurang beban kerjanya. Hal ini mampu mengurangi rasa stres yang berlebih sebelum berangkat bekerja. Namun, Mama masih dapat memantau kegiatan anak melalui komunikasi dengan babysitter.

  1. Anak Mendapat Perhatian Penuh

Adanya babysitter tidak hanya berperan dalam menjaga serta mengawasi anak, tetapi diharapkan bisa membantu Mama mendidik anak sesuai dengan usianya masing-masing.

  1. Fleksibel

Adanya babysitter membuat Mama dapat mengatur jadwal secara mudah. Penjadwalan menjadi lebih fleksibel dengan babysitter dibanding dengan penitipan anak lewat beberapa tempat penitipan yang memiliki jadwal buka dan tutupnya.

Namun menggunakan jasa babysitter juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  1. Berkurangnya Privasi

Adanya babysitter dalam lingkup keluarga mama membuat anda harus mengorbankan privasi untuk sementara waktu. Misalkan mengetahui segala kegiatan hidup sehari-hari anda dan hal lainnya yang ada di dalam rumah.

  1. Memungkinkan Adanya Jarak Antara Anak dan Orangtua

Meninggalkan anak untuk bekerja memang tidaklah mudah. Pasti ada perasaan khawatir dan cemas meskipun sudah ada babysitter. Hal ini terkadang membuat timbulnya jarak antara anak dengan orangtuanya. Jika Mama bersikap cuek, malah anak akan menganggap babysitter sebagai bagian dari hidupnya sedangkan Mama jadi orang asing. Oleh karena itu, jangan lepaskan tanggung jawab dalam pengasuhan anak ini secara penuh kepada babysitter.

Terlepas dari semua itu, hal yang paling penting untuk Mama perhatikan adalah bahwa posisi babysitter bukanlan pengganti peran Mama. Babysitter adalah partner yang membantu Mama dalam mengurus si kecil. Untuk itu, selalu sempatkan untuk mengurus sendiri si kecil, apabila Mama sedang berada di rumah. Jadi, apakah mama sependapat untuk memiliki babysitter untuk sikecil?

<PIA>

Bagikan

Artikel Terkait