DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Bagikan


  

Perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil mempengaruhi banyak kebiasaan beraktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah posisi tidur. Apa yang menjadi kebiasaan atau posisi tidur favorit sehari-hari pun harus diubah.

Posisi tidur yang salah bisa membuat tidur menjadi tidak nyaman, kualitas tidur terganggu bahkan tubuh pun terasa sakit saat bangun. Sebelum hamil, Mama merasa nyaman dengan posisi telentang atau tengkurap. Namun kini saat hamil, posisi itu tidak lagi terasa nyaman.

  

Lalu, Bagaimanakah Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil?

Tidur tengkurap atau posisi telentang memang posisi yang tidak nyaman ketika hamil. Tidur telentang dapat membuat seluruh berat di perut Mama saat hamil menekan punggung, usus, dan pembuluh darah inferior (pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung). Dengan demikian maka risiko sakit punggung meningkat. Selain itu juga dapat terjadi sembelit, gangguan saluran pencernaan, pernapasan dan sirkulasi pun menjadi melemah. 

Untuk beberapa wanita, tidur telentang dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah dan membuat kepala terasa sangat pusing. Adapun untuk sebagian wanita yang lain, tidur telentang dapat meningkatkan tekanan darah. 

Miring ke kiri atau ke kanan? Posisi tidur yang paling nyaman saat hamil adalah miring ke kiri. Selama masa kehamilan awal, Anda sudah bisa mencoba untuk melatih diri Anda tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi ini baik untuk bayi karena dapat memaksimalkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta.

Posisi tidur miring ke kiri ini juga membantu ginjal untuk bekerja efisien dalam membuang kotoran-kotoran dan cairan-cairan dari tubuh. Saat racun dan kotoran tubuh dibuang maka rasa sakit pada pergelangan kaki, telapak kaki, dan tangan juga akan berkurang. 

Untuk membuat tidur Mama semakin nyaman, tidurlah dengan posisi miring ke kiri, lalu tekuk kedua lutut. Taruh sebuah bantal di antara kedua lutut. Atur beberapa bantal di bawah pinggang dan dibelakang punggung Mama agar terasa lebih nyaman. Jika terasa pegal karena tidur dalam satu posisi, Mama bisa mengubah posisi tidur miring ke kanan.

Pada trimester ketiga, menggunakan bra tidur dan maternity belt dapat memberikan sokongan tambahan kepada payudara, pinggang, dan punggung Mama. Jika tanpa sadar Mama terbangun dan mendapati posisi tidur Anda sedang telentang atau tengkurap, jangan panik karena hal tersebut tidak akan mengganggu janin. Mama tinggal merubah kembali posisi tidur Anda menjadi miring kembali.

 

Apakah Mama sudah menemuka posisi tidur yang baik saat hamil? 

 

(HEI) 

Bagikan

Artikel Terkait