Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Sebelum Hamil, Perhatikanlah Hal Ini

Bagikan


Setelah menikah, Anda pasti tidak sabar ingin segera memiliki anak, hal ini sangat wajar. Namun sebelum memutuskan untuk hamil, ada baiknya Anda juga mempersiapkan mental serta fisik yang sehat dan kuat guna menjaga kesehatan Anda dan janin. Berbagai risiko dapat terjadi ketika Anda sedang dalam masa kehamilan dan kurang diantisipasi oleh wanita. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk hamil, perhatikan hal-hal berikut ini.

          Gejala gangguan jantung

Jika jantung Anda lemah, waspadai ini sejak awal Anda berencana untuk hamil karena akan sangat berisiko pada keselamatan ibu dan anak. Tandanya adalah, saat masih lajang atau belum hamil Anda sering mengalami cepat lelah, sesak napas, berdebar-debar, serta terlihat lesu dan pucat. Sebaiknya periksakan kondisi ini ke dokter spesialis jantung terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk hamil guna mengetahui gangguan jantung yang muncul saat hamil. Hal ini juga penting agar bayi juga tidak mengidap penyakit jantung bawaan.

          Mengatur asupan nutrisi

Atur pola makan dengan asupan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan kandungan Anda.

- Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli dapat membantu menyuburkan kandungan dan meningkatkan level estrogen yang berguna untuk memudahkan wanita untuk hamil serta mencegah masalah fibroid dan endometriosis. Kandungan vitamin E dan B yang terdapat pada bayam juga mampu untuk memberikan kesehatan pada system reproduksi. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan dan asam folat yang berguna untuk mengurangi kehamilan berisiko, seperti spina bifida (tabung saraf janin yang tidak tertutup sempurna) dan kelainan genetik pada janin.

- Hindari memilih susu bebas lemak karena justru akan menurunkan tingkat kesuburan Anda. Pilihan susu murni atau susu krim adalah keputusan yang tepat untuk Anda konsumsi. Susu murni berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon pada wanita maupun pria.

- Minyak zaitun. Gantilah minyak yang biasa Anda gunakan untuk memasak dengan minyak zaitun. Dengan begitu Anda juga akan mengurangi efek dari mengonsumsi makanan dengan minyak goreng biasa yang menyebabkan kolestrol dan gangguan jantung.

- Kacang almond. Mengonsumsi almond sangat baik untuk perencanaan kehamilan yang sehat. Kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang ini sehat untuk reproduksi. Selain itu, kacang almond juga disarankan untuk laki-laki agar meningkatkan kesuburannya.

          Pola hidup sehat

Ketika Anda memutuskan ingin hamil, sebaiknya terpakan pola hidup sehat bersama pasangan Anda. Hindari mengonsumsi alkohol, rokok, dan perbanyak olahraga serta pola makan yang teratur. Apabila Anda mengalami overweight (kelebihan berat badan), kelola pola makan dengan asupan nutrisi yang baik serta berkonsultasi dengan dokter. Proses pembuahan akan berlangsung mudah dan lancer apabila bobot tubuh dan kondisi hormonal sudah seimbang.

Memperbanyak pengetahuan seputar kehamilan, mulai dari perencanaan kehamilan, proses kehamilan dan persalinan, sampai merawat bayi. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan rutin melakukan pemeriksaan ketika Anda memutuskan ingin hamil agar Anda terhindar dari kehamilan yang berisiko.

--DA

Foto: Berbagai Sumber

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.