Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Food Trend | Jul 18, 2017

Selain Untuk Mengurangi Stres, Ini 6 Manfaat Lain dari Dark Chocolate

Bagikan


 

Dark chocolate atau cokelat hitam memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Tetapi Mama harus berhati-hati dalam memilih dark chocolate. Karena cokelat yang disebut dengan dark chocolate harus mengandug minimal 60-70 persen cokelat murni. Perhatikan bahan-bahan pembuat cokelat yang tertera di kemasan. Bila hanya berisi bubuk cokelat, mentega cokelat dan gula, sudah pasti cokelat yang Mama makan bukan jenis dark chocolate yang sehat ini. Semakin pahit rasanya, maka semakin tinggi kandungan cokelat aslinya.

Lalu, apa saja manfaat yang akan diperoleh tubuh dari konsumsi dark chocolate? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Makanan Penurun Darah Tinggi!

  1. Dark Chocolate Kaya Akan Nutrisi

Cokelat hitam adalah jenis cokelat murni yang belum terkontaminasi atau dicampuri bahan lainnya seperti gula dan susu. Satu batang dark chocolate terdiri dari 70 hingga 80 persen kakao yang mengandung 11 gram serat, 67 persen zat besi, 58 persen magnesium, 89 persen tembaga, 98 pesen mangan, kalium, fosfor, seng, serta selenium. Di samping itu, dark chocolate juga mengandung lemak tak jenuh yang bisa disintesis tubuh dengan mudah tanpa menyebabkan kolesterol. Jadi, anggapan bahwa cokelat menyebabkan gemuk tidak sepenuhnya benar. Yang membuat berat badan bertambah adalah kalori yang terdapat pada susu dan gula serta bahan manis lain yang dipakai untuk memproduksi sebatang cokelat.

  1. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Dengan mengonsumsi dark chocolate, sama saja Mama menyantap makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak. Kakao (zat yang banyak terdapat dalam dark chocolate) mengandung stimulan berupa kafein dan theobromine yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Aliran darah yang lancar menuju otak dapat meningkatkan fungsi kognitif, verbal, serta mengoptimalkan kemampuan untuk menerjemahkan dan mentransfer informasi. Jadi, jika Mama ingin buah hati kesayangan tumbuh optimal dengan kecerdasan tinggi, coba berikan dark chocolate dalam jumlah wajar dan dalam pengawasan dokter ahli.

  1. Kaya Kandungan Prebiotik

Di dalam dark chocolate terkandung zat prebiotik yang bisa meningkatkan produksi polifenol dalam tubuh, sehingga dapat berfungsi sebagai zat antiinflamasi yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, terutama lambung dan usus halus. Prebiotik di dalam dark chocolate juga bisa memperlancar sistem pencernaan sehingga Mama akan terbebas dari masalah sembelit yang menggangu aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, prebiotik juga berguna membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab diare.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Bagi Mama yang ingin tampil awet muda setiap saat, mengonsumsi dark chocolate bisa jadi alternatifnya. Zat dalam kakao berkhasiat meningkatkan jumlah flavanol dalam aliran darah. Banyaknya flavanol yang terbawa melalui pembuluh darah akan berefek baik pada kulit, misalnya memberikan efek kulit lebih segar merona serta mengurangi risiko munculnya keriput. Menggunakan berbagai produk perawatan berbahan dasar cokelat juga bisa melindungi  kulit dari paparan sinar matahari yang bisa memicu kanker lho, Ma.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi Mama yang memiliki penyakit jantung, dark choco treatment layak dicoba!  Ya, kudapan manis satu ini telah terbukti secara ilmiah bisa memelihara sistem kardiovaskular sehingga mengurangi risiko terkena serangan jantung. Kandungan nitrit yang ada dalam cokelat hitam bisa memproduksi oksida nitrit yang berfungsi menjaga kestabilan denyut jantung per menitnya. Bukan hanya menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi dark chocolate, Mama juga akan terhindar dari penyakit stroke, diabetes, serta metabolic syndrome.

  1. Mengobati Darah Rendah

Oksida nitrit ternyata tidak hanya berfungsi menjaga kestabilan denyut jantung. Zat ini juga bisa membantu memperlancar peredaran darah ke otak serta merangsang kerja sumsum tulang belakang untuk memproduksi hemoglobin. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa cokelat hitam murni sangat baik dikonsumsi penderita anemia.

Yuk, mulai ruitn mengonsumi dark chocolate! Namun ingat ya, pilih cokelat hitam asli yang benar-benar bebas dari pemanis dan bahan pengawet supaya manfaatnya bisa Mama rasakan secara optimal.

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.