DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kehamilan | Sep 10, 2015

Mungkinkah Melakukan Olahraga Saat Sedang Mengandung?

Bagikan


Kapan waktu terbaik untuk melakukan senam hamil?

Jika kandungan Anda didiagnosis bahwa kandungan Anda memiliki resiko yang tinggi seperti kandungan Anda lemah, biasanya dokter tidak akan mengijinkan Anda melakukan olahraga ataupun senam. Dokter akan melarang Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang berat dimana dapat mempengaruhi tumbuh kembang buah hati Anda. Jika Anda menjawab “ya” pada beberapa pertanyaan dibawah ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dulu sebelum memulai atau mengikuti senam kehamilan.

  • Apakah Anda memiliki riwayat keguguran?
  • Apakah Anda memiliki masalah medis seperti diabetes, masalah pernapasan, tinggi atau hipertensi?
  • Apakah Anda memiliki riwayat persalinan prematur?
  • Apakah Anda underweight atau obesitas?

The dos and don’ts

Ketika melakukan olahraga ataupun senam, hal paling penting dan utama adalah keep hydrated at all times. Dengan menjaga tubuh Anda jauh dari dehidrasi maka secara tidak langsung mencegah tubuh Anda dari kepanasan yang dapat berdampak pada janin Anda. Berhentilah ketika Anda sudah merasa tidak nyaman akan tubuh Anda. Berikut hal yang harus Anda hindari :

  • Hindari latihan yang menggunakan keseimbangan seperti yoga
  • Hindari latihan yang mengharuskan Anda untuk berbaring telentang terutama selama trisemester terakhir.

Amankah treadmill ketika saat hamil?

Berjalan adalah bentuk latihan kardiovaskular yang mempunyai dampak relative rendah untuk kehamilan Anda dan sangat bermanfaat untuk kehamilan Anda. Gunakan treadmill dengan mode yang santai, dimana Anda hanya berjalan saja. Berikut tips penting jika Anda ingin menggunakan treadmill saat masa hamil :

  • Mulailah dengan level paling rendah dan perlahan, tapi jangan sampai Anda melewati batas kenyamanan Anda
  • Jaga postur tubuh Anda tetap pada posisi tegak
  • Bernafas secara perlahan sehingga membuat Anda tetap nyaman walaupun Anda sedang diatas treadmill
  • Stay hydrated selama masa olahraga Anda berlangsung
  • Lakukan pemanasan sebelum memulai olahraga dan lakukan pendinginan setelah selesai berolahraga

Saya bukanlah tipe orang yang suka berolahraga, apakah baik saya berolahraga ketika dalam masa kehamilan?

Jika Anda tidak pernah ataaupun jarang berlahraga sebelumnya dan ingin melakukannya selama kehamilan Anda, maka Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda. Jika dokter Anda memberikan ijin, maka Anda juga harus mematuhi segala larangan yang harus dihindari selama latihan. Pertama, Anda harus menetapkan beberapa tujuan yang realistis, untuk menghindari resiko yang dapat membahayakan diri Anda dan calon buah hati Anda. Mulailah dengan berjalan kaki, untuk menjaga stamina Anda tetap pada kondisi yang baik. Jika Anda tipe oang yang menyukai renang, makan lakukanlah. Air dapat meregangkan otot Anda tanpa menyebabkan ketegangan otot. Satu hal penting dan utama yang harus Anda ingat yaitu, berolahraga ketika hamil bukanlah untuk mengurangi berat badan ataupun mempertahankan berat badan Anda, tetapi untuk menjaga stamina Anda dan bayi Anda tetap sehat sampai waktu persalinan tiba.

Seberapa seringkah saya harus berolahraga dalam masa kehamilan?

Selama kehamilan olahraga bukan merupakan suatu keharusan, hanya beberapa kali dalam seminggu sudah cukup. Poin terpenting adalah medengarkan tubuh Anda dan yang lebih penting dari itu seua adalah menghindari tubuh Anda dari rasa lelah. Stamina setiap orang berbeda-beda, tergantung dari sistem kekebalan tubuh atau sistem imun seseorang.

Apakah post workout fatigue dapat mempengaruhi kehamilan?

Post-workout fatigue dapat dikaitkan dengan tingkat kelelahan seseorang setelah berolahraga. Walaupun merasa lelah adalah hal yang biasa dalam masa kehamilan, namun merasa lelah yang berlebihan sesaat setelah berolahraga adalah salah satu hal yang wajib untuk dihindari. Sederhananya, Anda mungkin telah melakukan aktivitas yang melebihi batas kemampuan Anda. Rubahlah cara berolahraga Anda, Anda dapat melakukan gerakan ringan seperti berjalan selama 15-20 menit. Ingatlah bahwa beberapa bentuk latihan dengan gerakan yang ringan dan lembut lebih baik dibandingkan tidak sama sekali.

Apakah sepeda stasioner baik digunakan ketika sedang hamil?

Jika dibandingkan dengan sepeda bergerak, sepeda stasioner tidak memerlukan keseimbangan dan keterampilan. Sepeda stasioner merupakan alat yang sangat baik untuk digunakan selama kehamilan Anda. Jika ingin memakai sepeda stasioner kaki tidak boleh diangkat terlalu tinggi ketika akan menaikinya karena dapat berpengaruh pada daerah panggul. Ketika akan menggunakan sepeda stasioner, duduk menyamping terlebih dahulu baru angkat kaki menuju pedal. Ada beberapa tips yang dapat membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakan sepeda stasioner :

  • Sesuaikan pedal di tingkat ketinggian yang sesuai.
  • Hindari bersandar terlalu jauh ke depan.
  • Memeriksa postur tubuh Anda dan tingkat kenyamanan Anda.

Benarkah jika berolahraga di tahap awal kehamilan dapat memicu keguguran?

Keguguran pada umumnya terjadi selama tahap implantasi. Terutama jika Anda adalah seseorang yang aktif berolahraga. Mulailah dengan program olahraga yang sangat ringan di trimester kedua kehamilan Anda. Jika terdapat bercak darah atau terjadi kram, hentikan kegiatan berolahraga dan langsung berkonsultasi dengan dokter Anda. Menjaga kondisi tubuh tetap prima memang penting, tapi yang jauh lebih penting dari itu adalah menjaga kondisi prima bagi Anda dan calon buah hati Anda. Jangan terlalu memaksakan diluar batas kemampuan Anda.

Source: www.wedding.com.my , www.nuren.sg

 

Bagikan

Artikel Terkait