DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | Sep 18, 2017

Si Kecil Mau Disuntik Vaksin? Cek Dulu 5 Tips Berikut Ini!

Bagikan


Siapa sih yang tidak takut dengan jarum suntik? Jangankan balita, Mama pun mungkin akan meringis saat membayangkan tajamnya jarum yang menusuk kulit saat akan disuntik. Nah, sepertinya alasan itu jugalah yang membuat banyak orang tua kerepotan saat jadwal suntik vaksin tiba, karena terbayang harus mengeluarkan tenaga ekstra demi menenangkan sang buah hati.

Apa sebentar lagi si kecil punya jadwal suntik vaksin? Supaya ia lebih tenang dan proses suntik vaksin berjalan lancar, cek dulu tips berikut ya, Ma:

 1. Katakan Sejujurnya

Sumber foto: kdhnews.com

Kesalahan paling umum yang dilakukan oleh orang tua saat mengajak anak suntik vaksin adalah berbohong dengan mengatakan kalau prosesnya tidak akan sakit. Memang sangat mudah bilang pada si kecil kalau suntik vaksin itu tidak sakit, tapi nantinya si kecil malah bisa jadi trauma dengan jarum suntik lho, Ma.

Akan lebih baik bila Mama mengatakan sejujurnya mengenai apa yang akan terjadi saat proses suntik vaksin nanti. Berikan penjelasan sederhana bahwa suntik vaksin nanti akan sedikit sakit, namun tidak akan melukainya. Dengan begitu si kecil bisa mempersiapkan mental dan lebih siap untuk disuntik vaksin.

2. Siapkan Pengalih Perhatian

Sumber foto: supportingeducation.org

Agar balita tak merasa ketakutan atau terintimidasi selama proses suntik vaksin, Mama bisa membawakan mainan atau boneka favoritnya ke dalam ruangan dokter. Dengan kehadiran mainan sebagai pengalih perhatian, fokusnya jadi tidak hanya akan tertuju pada jarum suntik saja.

Membacakan cerita atau memutar film dan lagu favorit balita juga bisa jadi pilihan, agar proses suntik vaksin berjalan lebih lancar tanpa hambatan.

3. Lihat Situasi, Lepaskan Jika Diperlukan

Sumber foto: businessinsider.com

Meski Mama sudah memberikan penjelasan dan membawa pengalih perhatian, masih tetap ada kemungkinan si kecil terus menangis dan meronta karena ketakutkan. Kalau sudah begitu, sebaiknya jangan dipaksa apalagi diancam ya, Ma. Bila balita sampai jadi terluka saat proses suntik vaksin, ia malah akan menjadi trauma berat.

Jika balita mulai meronta histeris sambil menangis, lepaskan dan tenangkan dengan pelukan dan kata-kata yang akan membuatnya merasa nyaman. Setelah ia merasa tenang, baru coba kembali proses suntik vaksinnya ya, Ma.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Tidak Mudah Takut

 

4. Minta Pereda Nyeri Pada Dokter

Sumber foto: alliancehealthcarefoundation.org

Di beberapa klinik, dokter biasanya akan memberikan krim anastetik sekitar 20 menit sebelum anak diberikan suntik vaksin. Krim ini akan membuat area kulit yang akan divaksin mati rasa sementara, sehingga si kecil tidak akan merasakan rasa sakit. Jika krim anastetik tidak tersedia, tanyakan pada dokter mengenai alternatif lain untuk meredakan rasa sakit si kecil.

Saat diberikan obat pereda nyeri, Mama bisa memberikan penjelasan dan pemahaman pada si kecil tentang efek yang akan dirasakannya, supaya ia tak lagi takut saat harus berhadapan dengan jarum suntik vaksin.

 5. Berikan Hadiah

Sumber foto: www.famlii.com

Proses suntik berjalan lancar tanpa hambatan karena si kecil sudah bersikap tenang? Wah, sepertinya balita Mama layak untuk mendapatkan apresiasi atas perjuangannya melawan rasa takut. Hadiah yang Mama berikan tak melulu harus berupa materi, tapi bisa juga dengan membuat makanan favoritnya atau membiarkannya bermain gadget lebih lama dari biasanya.

Si kecil juga pasti akan merasa bangga dengan kekuatannya serta semakin percaya diri dan tak lagi merasa takut bila harus datang pada jadwal suntik vaksin berikutnya.

 

Praktek memang tak semudah teori, tapi tak ada salahnya mencoba tips di atas untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi selama proses suntik vaksin nanti. Apa Mama punya cara sendiri untuk menenangkan si kecil?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait