Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Sep 12, 2017

Si Kecil Senang dengan Dinosaurus? Gunakan 5 Cara Ini untuk Mengembangkan Pengetahuannya!

Bagikan


Anak kecil mana, sih, yang tidak kagum dan penasaran jika membahas dinosaurus? Mereka biasanya akan terkesima begitu melihat gambar atau film bertema dinosaurus, serta mengagumi setiap bentuk dan detailnya. Bagi balita, dinosaurus merupakan sesuatu yang besar, menakutkan, namun sangat menyenangkan untuk dibahas.

Ternyata minat besar balita terhadap dinosaurus juga bisa bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuannya, lho, Ma. Sisipkan saja beberapa topik dasar tentang paleontologi atau ilmu yang mempelajari tentang kehidupan di masa lampau, dengan 5 cara mudah ini:

1. Utamakan Konsep, Jangan Terlalu Detail

Sumber foto: wordpress.com

Saat Mama mengajak si kecil berbicara tentang dinosaurus, biasanya yang ada di pikirannya adalah hewan yang sangat besar, suka menggigit, makan daging dan daun, serta menyeramkan. Mereka tidak tahu nama ilmiah dinosaurus, periode asalnya, ataupun ukuran besarnya.

Mama bisa bercerita mengenai konsep dasar dan sederhana pada balita, seperti habitat atau makanan utama jenis dinosaurus tertentu. Beritahu juga apa perbedaan antara dinosaurus tipe predator dan mangsa, seperti cara hidup atau cara berburu dalam penjelasan yang mudah dimengerti.

Sebaiknya hindari penjelasan yang terlalu kompleks, agar si kecil punya ruang untuk berimajinasi dan memancingnya untuk bertanya lebih jauh.

2. Bandingkan Dinosaurus dengan Binatang yang Ada Sekarang

Sumber foto: blogspot.com

Supaya lebih mudah dalam menjelaskan, Mama bisa memberikan perbandingan antara dinosaurus dengan binatang yang ada sekarang. Jelaskan tentang seleksi alam dimana yang lemah akan mati dimakan yang kuat, sama seperti apa yang terjadi di hutan sekarang ini.

Saat si kecil bertanya tentang bagian tubuh dinosaurus, berikan perbandingan sederhana seperti: Dinosaurus berparuh mirip dengan bebek atau burung pelikan, atau dinosaurus yang melata mirip dengan buaya. Dengan begitu, balita bisa lebih mudah untuk mendapatkan gambaran tentang wujud dinosaurus sebenarnya.

 3. Berikan Ilustrasi

Sumber foto: ytimg.com

Balita biasanya lebih mudah belajar secara visual, yang berarti penjelasan Mama akan lebih mudah dimengerti jika disertai ilustrasi atau gambar yang tepat. Saat membahas dinosaurus, Mama bisa memberikan ilustrasi berupa gambar atau video yang relevan, atau membelikan mainan dinosaurus yang terbuat dari karet, agar si kecil bisa lebih mudah membayangkannya.

Tapi jangan sembarangan memberikan ilustrasi ya, Ma. Pilih ilustrasi yang akurat, mulai dari bentuk fisik, habitat hidupnya, hingga makanan yang dikonsumsinya. Salah memberikan sumbernya, malah bisa membuat balita menjadi ragu untuk belajar lebih dalam dan hilang rasa penasarannya tentang dinosaurus.

 4. Bawa Ke Museum

Sumber foto: museums.kenosha.org

Kalau balita merasa ilustrasi tidak cukup, Mama bisa membawanya ke museum untuk memberikan gambaran fisik dinosaurus secara langsung. Di beberapa kota besar, sudah banyak museum yang punya koleksi tulang dinosaurus berikut penjelasannya. Museum ini bahkan memiliki teater sendiri, jadi si kecil bisa menonton dan mendapatkan informasi baru dalam bentuk film. Menyenangkan sekali bukan?u

Baca juga: 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok untuk Destinasi Liburan

 5. Dorong Untuk Berpikir Kritis

Sumber foto: museumvictoria.com

Setelah melihat ilustrasi, contoh tulang dinosaurus, dan penjelasan yang memadai dari museum, jangan lupa mendorongnya untuk selalu berpikir kritis tentang semua bukti yang ada. Pengetahuan dan minatnya terhadap dinosaurus harus dibarengi dengan pelajaran tentang berpikir kritis, agar dia bisa menilai mana sumber yang terpercaya dan mana yang tidak.

Diskusikan beberapa bukti dinosaurus dengan si kecil, ajak dia berdebat dan mencari sumber tambahan jika diperlukan. Dengan cara ini Mama tidak hanya mengajarkan dasar dari paleontologi, tapi juga mengajarkan balita bagaimana menjadi peneliti yang baik dan benar.

 

Dengan menyukai dinosaurus, si kecil sudah memiliki kelebihan berupa minat dan kemauan untuk belajar lebih dalam. Berikan fasilitas seperti buku, video, atau ensilopedia anak agar dia bisa belajar lebih banyak tentang dinosaurus, ya, Ma. Cerita dong Ma, apa dinosaurus favorit si kecil?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.