Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Aug 15, 2017

Siap Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil Dengan 6 Cara Ini

Bagikan


Setelah bayi kesayangan Mama menginjak usia 6 bulan, itu sudah waktunya dirinya mengenal makanan pendamping ASI atau MPASI. Akhirnya si kecil mulai boleh menikmati kudapan lain seperti bubur serta aneka buah dan sayur.

Namun tentu saja MPASI yang akan diberikan pada si kecil harus diperhatikan dengan baik. Teksturnya harus lembut, serta kandungan gizinya perlu dicermati dengan baik.

Nah, agar Mama lebih siap saat masa perkenalan MPASI ini tiba, coba simak berbagai hal yang perlu diperhatikan berikut ini:

1. Mengenalkan tekstur makanan dasar

shutterstock.com

Hal pertama yang bisa Mama lakukan adalah mengenalkan si kecil pada beragam tekstur makanan yang tentunya aman dikonsumsi. Perkenalkan tekstur makanan secara bertahap pada mereka.

Untuk pertama kali, Anda bisa memberikan kudapan semi cair seperti bubur susu atau bubur saring. Hal ini akan membantu mempersiapkan buah hati untuk menyantap makanan yang lebih padat nantinya. Selain itu, dengan adaptasi yang dilakukan secara perlahan, otot-otot yang berfungsi menggerakkan mulut saat mengunyah juga akan terlatih lebih optimal.

 

2. Perhatikan porsi makanan yang diberikan

shutterstock.com

Porsi makanan yang Mama berikan untuk si kecil sebaiknya jangan terlalu banyak. Mama harus menyesuaikan dengan umur dan keadaan perut buah hati tersayang. Mulanya, berikan 3-4 sendok makan saja dalam sekali santap.

Jika anak menolak karena belum terbiasa dengan makan-makanan yang lebih padat, Mama bisa mengimbanginya dengan memberikan susu formula untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang kurang.

 

3. Olah sayur menjadi puree

shutterstock.com

Puree sayur merupakan salah satu MPASI yang sangat direkomendasikan untuk si kecil. Cara membuatnyapun cukup mudah. Pilihlah sayuran yang penuh nutrisi seperti wortel atau brokoli. Cuci sampai bersih dan rebus hingga matang. Setelah itu, masukkan ke dalam food processor dan olah hingga teksturnya halus menyerupai bubur.

 

4. Perhatikan jenis makanan yang menyebabkan alergi

shutterstock.com

Bahan makanan yang sehat dan bergizi seperti aneka sayur sekalipun bisa menimbulkan alergi jika diberikan kepada bayi yang kondisi perutnya masih sensitif. Oleh karena itu, Mama bisa melakukan percobaan dengan memberikan jenis makanan tertentu dalam porsi sangat kecil selama beberapa hari berturut-turut.

Apabila tidak muncul tanda-tanda alergi seperti bercak merah, rasa gatal, demam, serta diare, itu tandanya buah hati aman mengonsumsi bahan makanan tersebut. Selain itu, pastikan juga di awal pemberian MPASI tidak mencampurkan lebih dari 1 bahan makanan karena dikhawatirkan pencernaan si kecil belum siap menerimanya.

5. Berikan buah-buahan dalam bentuk jus

shutterstock.com

Selain sayuran, Mama juga disarankan memperkenalkan rasa buah pada si kecil. Karena buah hati masih belum mampu makan buah-buahan secara utuh, Mama bisa menyajikannya dengan cara dihaluskan.

Pastikan buah yang dipilih berkualitas baik, dalam keadaan segar, dan sudah matang. Hindari memberikan buah yang masih mentah karena bisa membuat si kecil sakit perut. Selain itu, hindari buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk karena dapat memicu gangguan pencernaan dan membuat bayi sakit perut.

6. Memilih Perlengkapan MPASI Multifungsi

Menyiapkan MPASI tentu bisa menjadi merepotkan untuk Mama, apalagi jika harus membeli berbagai peralatan untuk membuat MPASI. Daripada dapur menjadi penuh dengan 'peralatan tempur' menyiapkan MPASI untuk si kecil, lebih baik memilih set perlengkapan multifungsi untuk menyiapkan makanan bayi seperti Pigeon Home Baby Food Maker.

Pigeon Home Baby Food Maker terdiri dari 6 bagian yakni : 

  1. Grating plate yang dapat Mama gunakan untuk memarut buah dan sayuran tanpa bersisa
  2. Squeezer yang berfungsi untuk memeras jeruk maupun lemon
  3. Mortar. Bagian ini berguna untuk menghaluskan makanan yang telah dimasak dengan bantuan alu
  4. Stainer, berfungsi untuk menyaring buah/sayuran yang telah dimasak
  5. Dish with grater yang merupakan wadah untuk memarut makanan padat juga dapat digunakan sebagai tempat makan
  6. Storage lid yang dapat difungsikan untuk penyimpanan makanan langsung

Mama bisa mengetahui info lebih lanjut mengenai Pigeon Home Baby Food Maker di instagram @pigeon_baby_indonesia.

Nah, sekarang sudah siap menyediakan MPASI untuk si kecil tersayang? Mama juga boleh, lho, memberikan selingan bubur bayi instan atau biskuit bayi yang banyak dijual di pasaran. Namun tentu saja, perhatikan kandungan di dalamnya dan sebisa mungkin mintalah rekomendasi dari dokter terlebih dahulu ya.

(EMA/CAR)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.