Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Jun 8, 2017

Sulit Menghentikan Kebiasaan Buruk saat Hamil? Ini Tipsnya

Bagikan


Tahukah Mama bahwa merokok, minum kopi, dan mengonsumsi junk food adalah pantangan bagi ibu hamil? Tiga larangan yang masih sering dilakukan sebagian ibu hamil ini memberikan pengaruh negatif bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk calon buah hati dalam kandungan.

Kalau Mama memiliki salah satu atau bahkan semua kebiasaan buruk tersebut, ikuti tips ini untuk menghentikannya:

1. Kebiasaan Merokok

Meski banyak ibu hamil sudah memahami bahwa merokok adalah pantangan besar karena memberikan dampak negatif untuk kesehatan dan perkembangan janin, tak sedikit dari mereka yang sulit menghentikan kebiasaan ini karena pengaruh zat aditif yang ada di dalamnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Mama bisa menerapkan tips yang diambil dari artikel Stop Smoking for Baby berikut:

  • Kurangi jumlah rokok yang biasa diisap secara perlahan.
  • Ganti kebiasaan mengisap rokok dengan mengunyah permen karet untuk membuat mulut 'sibuk'.
  • Hindari kontak dengan para perokok.
  • Minta dukungan dari teman, suami, dan juga keluarga untuk berhenti merokok.
  • Berikan perhatian lebih pada kesehatan buah hati dengan menerapkan pola hidup sehat.

 

Baca juga: Tidak Merokok, Ibu Hamil Malah Pilih Vape. Bolehkah?

2. Kebiasaan Minum Kopi

Berbeda dengan kebiasaan merokok yang harus dihentikan secara total, kebiasaan satu ini tetap aman dilakukan jika kafein yang dikonsumsi tidak lebih dari 200 mg per hari. Namun, bagi Mama yang masih kesulitan membatasi porsi atau ingin berhenti dari kebiasaan minum kopi, ada beberapa cara ampuh yang bisa dicoba berdasarkan rekomendasi dari Petrene Soames, penulis buku The Essence of Self-Healing:

  • Ganti kebiasaan minum kopi dengan minuman lain yang lebih sehat, seperti susu khusus wanita hamil, air putih, atau jus buah.
  • Lakukan relaksasi dan tidurlah lebih awal untuk menjaga tubuh tetap rileks meski tidak mengonsumsi kopi.
  • Biasakan bangun pagi untuk menghirup udara segar dan mendapatkan cahaya matahari, serta konsumsilah air putih atau jus lemon untuk menghilangkan selera minum kopi.

 

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Kecanduan Minum Kopi?

3. Kebiasaan Mengonsumsi Junk Food

Jennifer Chait, ahli gizi untuk ibu hamil, menyatakan bahwa junk food memiliki kandungan lemak, gula, dan bumbu yang memberikan pengaruh negatif untuk kondisi kesehatan wanita hamil dan buah hati, bahkan juga menjadi faktor penyebab obesitas dan diabetes selama kehamilan. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa diterapkan sesuai rekomendasi Chait:

  • Pahami jumlah kebutuhan kalori dan gizi Mama setiap hari untuk melihat secara langsung bahwa junk food tidak mampu memberikan manfaat untuk kesehatan.
  • Aturlah menu makanan yang kaya gizi terutama untuk sarapan agar Mama tidak mudah lapar dan menyantap junk food di siang hari.
  • Lihatlah perubahan berat badan secara berkala agar Mama mampu mengontrol nafsu makan.
  • Ganti camilan dengan makanan bernutrisi yang lezat dan baik untuk kesehatan.

 

Dengan menerapkan tips sehat mengatasi kebiasaan buruk bagi wanita hamil tersebut, Mama bisa memiliki kehamilan berkualitas demi calon buah hati. Jangan ragu melengkapinya dengan aktivitas positif yang membuat kehamilan menjadi lebih bermakna dan membahagiakan.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.