Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Gaya Hidup | Jun 2, 2017

Tips Berolahraga Walau Sedang Berpuasa

Bagikan


Kebanyakan jenis olahraga memang menguras banyak tenaga. Cairan tubuh juga berkurang karena keluar lewat keringat. Makanya, setelah berolahraga kita jadi lapar dan haus. Tapi, bukan berarti Mama tidak bisa berolahraga di bulan puasa.

Ini tips agar Mama tetap bisa merasakan manfaat olahraga saat puasa:

  1. Pilih Olahraga yang Ringan

Saat berpuasa, cadangan gizi dan cairan dalam tubuh akan berkurang. Produksi oksigen ke otak juga mengalami beberapa penyesuaian. Karena itulah Mama sering merasa lemas dan mengantuk di jam kerja. Untuk itu, segarkan kembali hari-hari Mama dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat seperti lari pagi atau angkat beban. Mama bisa memilih olahraga ringan, seperti yoga, bersepeda santai, treadmill dengan kecepatan ringan, atau kegiatan apapun yang menggerakkan tubuh. Walau tampak ringan, sebenarnya olahraga semacam ini juga bermanfaat karena akan terjadi proses pertukaran oksigen yang cepat dalam tubuh serta dapat melatih pernapasan dan jantung.

  1. Perbanyak Minum Saat Sahur

Idealnya, berolahraga dilakukan paling sedikit tiga kali dalam seminggu. Nah, kalau Mama sudah membuat jadwal berolahraga, ada baiknya Mama memperhatikan asupan nutrisi saat sahur di hari tersebut. Karbo dan gula bisa menjadi amunisi utama untuk menjaga tubuh Mama tetap bertenaga saat berpuasa, tentu harus dengan porsi yang cukup alias tidak berlebih. Selain itu, banyak-banyaklah minum air putih saat sahur, agar cadangan cairan dalam tubuh tetap terjaga seharian dan jadi bekal yang cukup untuk Mama berolahraga. Kalau cairan dan nutrisi dalam tubuh sudah tersedia dengan cukup, tidak ada kata lemas lagi untuk berolahraga, meski sedang berpuasa.

  1. Waktu Olahraga yang Tepat saat Puasa

Agar puasa tidak terganggu, penting, lho, memperhatikan waktu berolahraga. Pilihlah waktu 1-2 jam setelah sahur, atau sebelum berbuka puasa. Mengapa? Karena setelah sahur tubuh Mama masih bertenaga dan segar. Mamapun lebih bersemangat di siang harinya. Kalau Mama tidak ada waktu di pagi hari, biasanya beberapa kantor memberikan izin pulang cepat saat bulan puasa. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk berolahraga. Olahraga 1-2 jam sebelum berbuka puasa bisa menjadi jurus jitu, lho. Karena, kalau Anda kelelahan dan haus, Anda bisa menahan diri sebentar sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Kantor

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.