Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Mar 16, 2017

Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

Bagikan


 

 

Mama mungkin bingung untuk mulai menyiapkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pertama buah hati tercinta. Tahukah Mama jika MPASI pertama yang dinilai paling baik bagi bayi diantaranya biji-bijian seperti beras merah dan oatmeal serta sayur dan buah-buahan seperti pisang, ubi jalar, pir, labu, kacang polong, apel atau wortel.

 

Setelah mengetahui semua buah, sayur hingga biji-bijian yang boleh digunakan dalam MPASI pertama bayi, apakah Mama saat ini jadi tertarik untuk membuat homemade MPASI yang lebih sehat? Perhatikan terlebih dahulu rules dalam menyiapkan homemade MPASI sehat yang ada di bawah ini.

 

Mengapa Bayi Membutuhkan Biji-bijian, Buah dan Sayur Sebagai MPASI Pertama?

 

Biji-bijian atau buah-buahan dan sayuran merupakan jenis makanan yang mudah dicerna, tidak menimbulkan reaksi alergi dan yang pasti rasanya enak untuk dikenalkan pada bayi. Hal ini juga sangat berpengaruh pada pengalaman pertama bayi menerima MPASI, bukan seberapa banyak bayi bisa makan makanan pendamping. Mulai mengenalkan bayi pada makanan padat memang sangat penting mengandalkan berbagai makanan sehat. Sedangkan penyajiannya tidak hanya harus lezat, tetapi juga menarik bagi bayi.

 

Jika Mama ingin menggunakan sereal khusus bayi kemasan yang tentunya kering, tambahkan  susu formula, ASI perah atau air ke ke dalam sereal agar lebih mudah dicerna oleh bayi. Susu juga sangat berguna memberikan rasa yang lebih enak pada sereal.  Pilihlah sereal khusus bayi yang mengandung zat besi tinggi.

 

Hindari Memberikan Gula dan Garam ke Dalam MPASI

 

Untuk menambah rasa MPASI, Mama bisa menggunakan bahan yang memang sudah memiliki rasa manis atau gurih dari asalnya. Ubi jalar dan labu lebih baik ditambah dengan mint maupun asparagus, daging domba, kacang polong dan kacang hijau, sehingga rasanya menjadi lebih enak dan tetap sehat untuk bayi.

 

Kembang kol juga bagus diberikan sebagai MPASI pertama bayi. Bukan hanya enak, tetapi sayur yang satu ini rupanya bermanfaat melindungi bayi dari serangan sel-sel kanker, khususnya yang sering menyerang anak seperti leukemia.   

 

Bolehkah Bayi Makan Makanan yang Sama Dengan Anggota Keluarga Lain?

 

Kedengarannya sepele, tetapi jangan memberi bayi dengan makanan padat yang Mama serta anggota keluarga lain makan sehari-hari. Makan bersama di satu meja yang sama memang boleh, tetapi pastinya dengan menu yang berbeda. Makanan orang dewasa jauh lebih “kompleks”, Karena menggunakan berbagai macam bahan dan bumbu yang belum tentu aman untuk bayi.

 

Gunakan Perlengkapan Makan Yang Menarik Bagi Si Kecil

 

Pengalaman makan pertama bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi melelahkan bagi Mama. Bagi si kecil, ini adalah pengalaman baru, jadi biarkan bila bayi ingin menyentuh makanan pertamanya, untuk adaptasi dan bereksplorasi. Untuk lebih menarik perhatian si kecil, gunakan mangkok dan sendok makan bayi berbentuk lucu dan nyaman di mulut bayi.

 

Hal penting lainnya yang harus disiapkan saat memulai MPASI adalah pastikan Mama selalu punya buah-buahan dan sayuran segar di rumah. Karena setiap hari Mama akan selalu bisa berkreasi meskipun  hanya berbekal sayur dan buah-buahan. Termasuk membuat jus buah yang beragam dan nasi tim dengan berbagai lauk sayur.

 

<RGW>

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.