Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Anak | Jan 27, 2017

Uang Angpao Imlek Anak, Mau Digunakan Untuk Apa?

Bagikan


   

Di saat Imlek, mendadak dompet dan pundi-pundi si kecil penuh terisi uang angpao hasil berkeliling seharian ke rumah kerabat. Si kecil pun merasa senang mendapatkan amplop-amplop merah khas Imlek. Namun Mama jadi bingung, untuk apa anak kecil memiliki uang sendiri yang banyak?

Jika Mama masih berpikir bahwa anak Anda masih terlalu kecil untuk memiliki uang sendiri, tepis dan buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Anak sah-sah saja punya uang sendiri. Yang perlu Mama lakukan adalah membantu mengontrolnya agar tidak terjadi penyalahgunaan pada uang angpao yang diterimanya saat Imlek.

 

Hitung Uang Angpao Imlek

Jika anak sudah cukup besar dan telah mengenal konsep uang, langkah pertama yang harus Mama lakukan adalah mengajaknya menghitung bersama berapa jumlah uang yang mereka peroleh setelah perayaan Imlek. Kemudian, berapapun jumlah uang yang ia dapat, Mama harus mengajarkannya untuk bersyukur atas rezeki yang ia dapat.

Pada anak yang lebih kecil dan belum mengenal konsep uang, Mama bisa mulai memperkenalkannya pada jenis-jenis uang yang ada didalam angpao Imlek, seperti uang logam dan uang kertas, lengkap dengan perbedaan besaran nominalnya. Dengan begitu, anak akan mengerti bahwa uang yang ia dapatkan saat Imlek itu berharga dan bukan sekadar alat permainan.

 

Diskusikan Apa yang Hendak Dilakukan dengan Uang Angpao Imlek

Setelah menghitung uang angpao yang anak dapat, Mama bisa mengajak anak berdiskusi mau diapakan uang angpau yang ia terima. Apakah mau ia belikan mainan, ditabung, jalan-jalan, atau disisihkan untuk amal.

Apapun keinginan anak, hormati dan terima dengan baik, karena uang tersebut adalah hadiah dari saudara dan kerabat saat Imlek yang harus digunakan sebaik mungkin. Selain itu, Mama juga harus memastikan bahwa si kecil akan menggunakan uang tersebut dengan bijak.

 

Ajarkan Anak Menabung

Anda juga bisa mengajarkan anak soal menabung lewat uang angpao yang diterimanya. Jika pada Imlek sebelumnya anak masih menggunakan uang tersebut untuk membeli barang kesukannya, maka di tahun ini Mama bisa mengajarkan ia untuk menyisihkan uang yang didapatnya saat Imlek untuk dimasukkan ke dalam celengan, atau membuka rekening tabungan di bank.

Dengan menabung, anak akan diajarkan hidup mandiri dan tak tergantung dengan orang lain. Jangan lupa menekankan juga pada anak bahwa menabung bukan hanya bertujuan untuk membeli sesuatu yang disenanginya, tapi uangnya juga bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak.

 

Menyimpan Uang Anak

Jumlah uang angpao Imlek yang diterima anak saat Imlek mungkin saja masih terlalu sedikit untuk ditabung ke bank. Namun, Mama selalu bisa membantunya dengan cara menambahkan uang tabungannya hingga mencapai nominal tertentu yang disyaratkan oleh pihak bank untuk menyimpan uang di bank tersebut.

Mama boleh meminta anak untuk memberikan uang angpao Imlek miliknya kepada Mama, untuk kemudian disimpan di bank. Namun yakinkan pada anak bahwa Mama tidak akan menggunakan uang yang didapatnya saat Imlek itu kecuali untuk kebutuhan dia. Tiap kali Mama mau menggunakan uang angpao untuk beli buku atau tas untuk dia, pastikan Anda bilang padanya kalau Anda menggunakan uangnya.

  

Apakah Mama memiliki cara lainnya untuk mengajarkan si kecil memanfaatkan secara bijak uang angpao yang ia dapatkan? Yuk berbagi di kolom komentar.

  

 (VAN)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.