Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Gadget & Teknologi | Jan 19, 2017

Wow! Teknologi Ini Akan Bawa Anda Keliling Dunia Virtual

Bagikan


   

Jika ada yang bisa dikenang dari tahun 2016 berkaitan dengan teknologi adalah hadirnya dunia virtual. Secara sepintas, dunia virtual dapat diartikan sebagai dunia buatan dengan dimensi berbeda yang berada diantara dunia nyata. Dunia ini terwujud melalui platform virtual reality, yang didahului oleh augmented reality. Jika pernah mendengar Pokemon Go, maka dari sinilah cikal bakal virtual reality hadir.

Teknologi virtual reality memungkinkan pengguna untuk masuk dan turut merasakan bagaimana berada dalam dunia virtual. Teknologi ini merupakan pengembangan hologram dipadu video 360 derajat. Jika hologram hanya berbentuk bayangan, virtual reality jauh unggul karena pengguna bisa masuk dunia buatan. Berikut tahapan perkembangan platform virtual yang mulai jamak digunakan.

 

1. Augmented reality

Merupakan generasi pertama dari teknologi yang diterapkan dunia virtual. Contoh dari penerapan teknologi ini yang paling viral adalah pada game Pokemon Go. Permainan ini menerapkan latar belakang dunia nyata yang kemudian diisi dengan para pocket monster yang berbentuk animasi 3D. Hasilnya, pokemon bernama Pikachu dan lainnya seolah-olah ada di dunia nyata.

Teknologi augmented reality sepertinya akan menjadi standar baru terutama dalam segi hiburan. Hingga saat ini, penerapannya memang lebih banyak diterapkan pada game karena keterbatasan. Karena masih merupakan generasi pertama, platform ini masih belum bisa difungsikan secara maksimal penggunaanya untuk keperluan pengguna untuk memasuki dunia virtual.

 

2. Virtual reality

Belum habis dengan augmented reality, teknologi bernama virtual reality hadir menyapa. Virtual reality merupakan pengembangan lebih lanjut dari berbagai gabungan teknologi antara lain augmented reality, video 360 derajat, gambar 3D dan hologram. Semua teknologi tersebut lalu diolah sedemikian rupa hingga membentuk ruang virtual yang bisa dieksplor pengguna.

Pada prakteknya, pengguna diharuskan memakai perangkat VR untuk bisa beralih dari dunia nyata ke dunia virtual. Sudah banyak game baru yang mengadopsi teknologi ini dalam permainannya, diantaranya Odyssey VR. Game ini berkategori aksi dimana pemain secara tiba-tiba berada dalam kokpit pesawat dan bertempur melawan para penjajah planet.

3. Mixed reality

Diantara augmented reality dan virtual reality, mixed reality merupakan teknologi paling tinggi. Jika pada dua jenis teknologi sebelumnya pengguna hanya ikut menikmati saja, maka pada mixed reality pengguna bisa benar-benar merasakan seolah berada di dunia sebenarnya. Ini dikarenakan mixed reality telah menerapkan sensasi haptic ke dalam ruang virtual-nya.

Pengguna dapat menyentuh dan memindahkan benda virtual yang ada dalam ruang virtual. Pada bidang sosial, sesama pengguna mixed reality bisa saling bertegur sapa dan merasakan sentuhan lembut maupun kasar. Meski teknologi masih dalam pengembangan, namun mixed reality dinilai akan menjadi standar teknologi pada masa depan nantinya.

 

Tentunya untuk bisa menikmati dunia virtual, beberapa alat perlu dibeli, misalnya headset VR dan kontrol geraknya. Banyak raksasa teknologi telah mengeluarkan headset VR, seperti Facebook dengan Oculus Rift, PlayStation VR, Google Cardboard, HTC Vive, Samsung Gear VR dan lainnya. Teknologi virtual reality akan banyak diadopsi terutama untuk game, pendidikan, dan kesehatan.

Headset VR mana yang kira-kira jadi pilihan Anda?

 

(RIA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.