DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Apr 17, 2017

Yuk Belajar Tentang Titik Aman Memijat Bayi!

Bagikan


 

Pijat bayi sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk fisik si kecil, tetapi juga bisa menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi ibu dan anak.

Bahkan, bagi para ibu baru yang terkena depresi pasca melahirkan, salah satu obatnya adalah aktifitas yang satu ini, pijat bayi.

Namun, masih banyak ibu yang takut untuk memijat bayinya sendiri karena takut menyakiti si kecil dan lebih memiliki membawa si kecil ke klinik atau rumah sakit untuk dipijat. Padahal, Mama bisa loh memijat sendiri si kecil di rumah dan jangan lupa gunakan minyak pijat bayi ya!

   

Pijatan di Bagian Kaki Bayi

Bagian ini merupakan bagian yang terbaik untuk memulai pijatan, karena merupakan bagian yang paling tidak sensitif diantara bagian tubuh bayi yang lain.

Mulai pijat si kecil dengan kedua tangan Mama secara perlahan, mulai dari daerah paha, terus ke bawah.

Buatlah pijatan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri Anda. Gerakan pijatan harus selembut mungkin, meniru gerakan memerah susu.

Pindah ke kaki yang sebelahnya lagi dan lakukan pijatan yang sama. Lakukan dengan hati-hati dan penuh perasaan serta selalu perhatikan mimik atau ekspresi bayi.

   

Pijatan pada Telapak Kaki Bayi

Ambil dengan lembut salah satu telapak kakinya dan lakukan gerakan memutar beberapa kali ke arah kiri, lalu ulangi lagi ke arah kanan.

Setelah itu, pijatlah punggung telapak kakinya mulai dari arah mata kaki ke arah jari-jari kaki, kemudian pindah ke telapak kaki satunya dan ulangi seperti itu.

   

Pijatan Tumit Bayi

Gunakan ibu jari Mama untuk memijat dengan membentuk lingkaran pada tumit bayi,

ini akan membantu si bayi lebih relaks dan meregang otot untuk bergerak dan melakukan belajar berjalan.

 

Bagian Jari Kaki Bayi

Peganglah jari mungilnya satu per satu menggunakan ibu jari dan telunjuk Mama, kemudian secara lembut tariklah searah dengan jarinya sehingga jari-jari Anda terlepas di ujung jari kaki bayi.

Lakukan untuk kesepuluh jari kakinya. Lakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang serta memperhatikan mimik muka di bayi jika merasa kesakitan atau tidak.

   

Pijatan Bagian Lengan Bayi

Ambil salah satu lengannya dan lakukan gerakan seperti yang Mama lakukan terhadap kakinya, lalu lakukan gerakan seperti memerah susu, mulai dari ketiaknya, terus hingga ke pergelangan tangan.

Kemudian pegang telapak tangannya, dan putar-putar secara perlahan beberapa kali, ke arah kanan dan kiri.

Pindah ke lengan satunya lagi dan lakukan hal yang sama dan dengan perasaan serta lembut.

    

Pijatan Bagian Telapak Tangan

Lakukan gerakan memutar di telapak tangan bayi dengan menggunakan ibu jari Mama.

Lakukan dengan lembut serta tetap memperhatikan ekspresi bayi agar jika si kecil merasa sakit Anda bisa mengetahuinya dengan segera dan tidak melakukan gerakan tersebut.

 

Pijatan Bagian Jari Tangan

Hal ini dilakukan tak ubahnya seperti jari-jari pada kaki. Dengan lembut dan penuh perasaan ambil satu-persatu jari tangannya menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda, lalu tarik secara perlahan. 

 

Pijatan Bagian Dada

Katupkan kedua telapak tangan Anda (seperti tapak Budha), lalu letakkan pada dadanya dalam keadaan seperti itu.

Secara perlahan, buat gerakan ke arah luar tubuh bayi, sehingga telapak tangan yang terkatup secara perlahan terbuka menghadap ke bawah, dan telapak tangan Mama akhirnya menempel dan berjalan di atas dadanya. Ulangi beberapa kali.

Masih pada bagian dada, kali ini letakkan salah satu telapak tangan Mama menghadap ke bawah di daerah dada bayi, kemudian buatlah pijatan lembut ke bawah, ke arah pahanya. Buatlah gerakan ini secara bergantian, dengan tangan kanan dan kiri Anda.

    

Pijatan Bagian Punggung Bayi

Balikkan tubuh bayi secara perlahan, sehingga ia tengkurap. Posisi Mama berada di salah satu sisinya.

Dengan menggunakan jari-jari tangan Mama, buatlah pijatan lembut melingkar dengan kedua tangan, dimulai dari bawah lehernya, sampai ke pantat si kecil. Pindahlah posisi Anda ke sisi sebelahnya lagi dan lakukan gerakan yang sama.

Selalu gunakan minyak pijat bayi untuk memijat titik aman pijatan. Masih pada bagian punggung, kali ini buatlah pijatan agak kuat dari sebelumnya, mulai dari bagian bahu, terus hingga ke kakinya.

    

Ingat ya Ma, jangan terlalu sering melakukan pemijatan. Paling cepat 2 bulan sekali, atau paling lama 2 bulan sekali, karena dengan rentang waktu pemijatan ini akan membuat si kecil lebih bugar.

    

Apakah Mama sudah mencoba teknik pemijatan bayi di atas? Yuk berbagi cerita di kolom komentar!

Bagikan

Artikel Terkait